Tips Memilih Body Lotion Terbaik untuk Kulit

By Categories : Wanita

Body Lotion merupakan produk kecantikan yang sering digunakan orang, terutama wanita untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki intensitas sinar matahari cukup tinggi.  Sinar matahari tersebut akan membahayakan kesehatan kulit terutama saat terkena pancaran sinar ultraviolet (UV). Sinar matahari dapat menyebabkan kanker kulit pada manusia. Sehingga, penggunaan body lotion terbaik sangat diperlukan yaitu untuk melindungi dan melembabkan kulit.

Tips Memilih Body Lotion

Wanita Indonesia memiliki karakteristik kulit yang berwarna cokelat terang dan kuning langsat. Menurut survei yang dilakukan para ahli, indeks ultraviolet di Indonesia berada pada angka 8-9.  Dengan angka tersebut maka waktu maksimal kulit wanita Indonesia terkena paparan sinar matahari adalah 33 menit. Namun jika Anda menggunakan SPF20, efek yang dibutuhkan menjadi 33 x SPF20 = 660 menit atau selama 11 jam.

SPF atau Sun Protection Factor merupakan waktu aman terkena paparan sinar matahari. Dengan menggunakan SPF maka Anda dapat lebih lama berada di bawah sinar matahari. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah tidak semua body lotion mengandung SPF dapat digunakan. Anda harus tahu terlebih dahulu jenis kulit Anda. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih body lotion.

Berikut tips memilih body lotion terbaik

  1. Kenali jenis kulit Anda

Apapun jenis kulit Anda, apakah berminyak, kering , ataupun normal, ini akan berpengaruh dengan body lotion yang akan Anda gunakan. Cari tahu terlebih dahulu agar Anda dapat menentukan body lotion terbaik yang cocok untuk kulit Anda.

  1. Kulit kering

Untuk kulit kering Anda dapat menggunakan body lotion yang kaya akan pelembab. Kulit kering biasanya akan bermasalah saat musim hujan tiba. Pilihlah lotion yang mengandung gliserin, alpha hydoxy acid, dan lanolin.kemudian saat temeratur mulai hangat, gantilah lotion dengan pelembap ringan.

  1. Kulit normal

Body lotion terbaik untuk kulit normal cukup mudah. Ini karena jenis kulit normal hanya membutuhkan sedikit perhatian dan perawatan. Misalnya Anda dapat menggunakan pembersih dan pelembab yang ringan. Walaupun tidak dengan perawatan khusus, tetapi dengan sedikit kelembepan lotion dapat membuat kulit Anda terlihat sempurna.

  1. Kulit berminyak

Untuk jenis kulit berminyak, pilihlah body lotion yang ringan dan bebas dai kandungan minyak. Ada banyak pilihan pelembab yang bisa Anda gunakan.

  1. Aloe vera

Bagi yang mempunyai kulit yang mudah terbakar jika terkena sinar matahari, body lotion terbaik yang cocok untuk Anda adalah body lotion yang mengandung lidah buaya.

Itulah beberapa tips memilih body lotion yang perlu diperhatikan. Anda juga harus memperhatikan produk yang Anda beli. Caranya adalah oleskan sedikit body lotion ke kulit Anda. Jika terjadi iritasi, gatal, atau kulit memerah berarti produk tersebut tidak cocok untuk kulit Anda.

Baca juga Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak