Tips Memilih Batik yang Tepat

By Categories : Tips

Memilih batik itu gampang-gampang sulit. Dengan semakin menjamurnya industry batik membuat kita perlu lebih cermat. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!Tips Memilih Batik

Cara Tepat Memilih Batik

  1. Tips memilih batik yang pertama adalah memilih jenis batik yang akan kita beli. Perlu untuk Anda ketahui bersama bahwa pada dasarnya saat ini jenis batik dapat kita bedakan menjadi tiga jenis yang masing-masing jelas memiliki perbedaan terutama dalam hal kualitas. Batik kualitas satu atau unggulan adalah jenis batik tulis yang dibuat dengan cara langsung menggunakan alat yang kita kenal dengan nama canting. Karena prosesnya yang manual inilah maka batik tulis memiliki kualitas yang lebih baik jika kita membandingkannya dengan yang lain. Batik kualitas kedua adalah batik cap. Batik ini meski tak diproduksi secara manual dengan menggunakan canting, kualitasnya tetap dapat dilihat terutama dari bentuk cap dan kekuatan lekat motifnya. Batik jenis ini biasanya dijual lebih murah di pasaran. Dan terakhir adalah jenis batik kualitas tiga atau printing. Batik jenis ini dicetak secara masal menggunakan mesin printing. Kelebihannya adalah harganya relatif lebih murah dari batik cap dan batik tulis, namun demikian untuk kualitasnya biasanya cenderung lebih rendah pula.
  2. Jenis kain yang digunakan. Jenis kain batik yang akan Anda beli tentu sangat berpengaruh bagi kenyamanan Anda pada saat menggunakannya. Jadi sebaiknya Anda arif saat memilih jenis kain yang sesuai tersebut. Misalkan saja Anda ingin membeli batik untuk keperluan pesta, maka sebaiknya Anda memilih kain sutera karena selain nyaman, batik kain sutera juga akan terlihat mewah. Sedangkan bagi Anda yang menginginkan batik untuk pakaian sehari-hari maka sebaiknya anda memilih jenis batik berbahan kain katun. Karena jenis kain ini adalah jenis kain yang paling nyaman untuk kita gunakan dan tidak mudah gerah.
  3. Tips memilih batik yang selanjutnya adalah dengan memilih motif batiknya. Pemilihan motif batik dapat dilakukan berdasarkan beberapa cara. Pertama, Anda dasarkan pada makna kain batik, di sini anda dapat memilah berdasarkan filosofi dari motif batik itu sendiri, yang tentunya dapat Anda sesuaikan dengan selera anda. Kedua, adalah melihat detail dari motif batik. Perlu untuk anda cermati bahwa biasanya sebuah kain batik yang baik dan berkualitas dapat kita ketahui dari motifnya yang tembus artinya bagian luar dan bagian dalam kain nyaris sama. Hal itu menunjukkan bahwa pembuatan batik dilakukan dengan proses yang lebih mendetail. Selanjutnya yang ketiga, memilih motif batik ini juga dapat disesuaikan dengan bentuk tubuh yang kita miliki lho. Terutama berkaitan dengan berat badan? Bagaimana bisa? Begini, sebaiknya bagi Anda yang memiliki tubuh gemuk maka sebaiknya memilih batik dengan motif kecil demikian juga sebaliknya. Perlu Anda mengerti bahwa besar kecilnya motif batik yang Anda pilih akan berpengaruh pada penampilan Anda saat mengenakan batik nantinya.

Demikianlah yang dapat saya sajikan, semoga bermanfaat.