Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik

By Categories : Tips

Memiliki mobil sebagai sarana transportasi dalam keluarga tentu harus disertai dengan perlindungan yang memadai. Volume kendaraan yang terus bertambah dan kurangnya ketertiban para pengguna jalan raya membuat resiko kecelakaan kendaraan bermotor semakin tinggi. Selain menjaga diri sendiri tentu setiap orang tidak menginginkan terjadi hal yang buruk pada mobil kesayangannya. Untuk itu asuransi mobil menjadi solusi penting bagi para pengguna mobil. Ini merupakan cara untuk mengantisipasi potensi kerugian dan resiko yang bisa muncul sewaktu-waktu.

Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Saat ini banyak perusahaan yang menawarkan asuransi mobil dengan layanan yang begitu menarik.  Asuransi mobil berperan mengurangi resiko kerugian akibat kecelakaan, kehilangan, ataupun bencana alam. Namun sebelum menentukan pilihan, Anda harus mengetahui asuransi mobil terbaik yang Anda butuhkan. Selain pemilihan jenis asuransi yang tepat, reputasi perusahaan juga dapat menjadi pertimbangan sebelum Anda menggunakan jasa asuransinya.

Berikut tips memilih asuransi mobil terbaik

  1. Lihat kondisi kendaraan Anda

Agar Anda tepat memilih asuransi maka sebaiknya Anda lihat terlebih dahulu kondisi mobil yang Anda punya. Perhatikan usia mobil, jenis, dan kegunaan kendaraan. Hal ini terdapat dua jenis asuransi yang perlu Anda perhatikan, antara lain :

  • Asuransi all risk , yaitu asuransi yang menjamin semua resiko pada kendaraan Anda, baik kecelakaan besar maupun kecil.
  • Asuransi total loss only, yaitu asuransi yang menjadimn resiko kerusakan di atas 75 persen dari total nilai kendaraan. Bagi Anda yang memiliki mobil dengan usia kendaraan tua maka disarankan menggunakan asuransi ini.
  1. Pertimbangkan kredebilitas perusahaan

Tips memilih asuransi mobil terbaik selanjutnya adalah mempertimbangkan kredibilitas perusahaan. Pastikan perusahaan yang Anda pilih memiliki reputasi yang baik saat menyelesaiakan proses klaim nasabah. Perhatikan waktu yang dibutuhkan untuk memproses klaim dan waktu pembayaran.

  1. Pilih asuransi yang direkomendasikan dealer

Anda sebaiknya meminta rekomendasi kepada dealer dimana Anda membeli mobil tentang perusahaan asuransi yang bagus. Mintalah informasi tentang dealer yang terpercaya. Jika dealer memberikan informasi positif terhadap jasa asuransi tersebut maka Anda dapat mencobanya.

  1. Bengkel rekanan perusahaan

Perusahaan asuransi mobil terbaik biasanya memiliki banyak bengkel rekanan yang bekerja sama dengan jasa asuransi tersebut. Semakin banyak bengkel yang bekerjasama maka semakin mudah Anda dalam memproses klam asuransi mobil Anda.

  1. Fitur layanan perusahaan

Ada baiknya Anda memilih perusahaan asuransi yang memiliki fitur seperti hotline 24 jam, mobil derek, dan cabang di beberapa tempat. Hal ini memudahkan Anda jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di tempat tinggal yang jauh dari rumah sehingga akan memudahkan Anda untuk melaporkan pada pihak asuransi.