Tips Memelihara Kucing Anggora dengan Baik

By Categories : Tips

Memiliki hewan peliharaan merupakan salah satu hal yang menyenangkan. Karena di samping dapat memenuhi hobi mencintai hewan, dengan memelihara binatang kita dapat menemukan teman baru yang dapat kita ajak main kapanpun kita mau. Sebenarnya ada beberapa macam hewan yang dapat kita jadikan sebagai hewan peliharaan, seperti anjing, burung, hewan melata, sugar glider dan yang paling sering adalah kucing. Kucing pun memiliki beberapa jenis yaitu kucing persia, kucing kampung, kucing spink ataupun kucing anggora.

Kucing Anggora

Kucing anggora sendiri memiliki bulu dan ekor yang panjang. Sehingga hal inilah yang menjadi daya tarik bagi kucing anggora itu sendiri. Kucing anggora sendiri tidak selincah dan seaktif seperti kucing pada umumnya, makanya para pecinta kucing biasanya menjuluki kucing ini sebagai kucing pemalas. Namun Anda jangan khawatir, dengan pemeliharaan dan perawatan yang baik kucing anggora juga dapat patuh dengan Anda. Berikut adalah tips memilihara kucing anggora dengan baik.

Cara merawat kucing anggora

Kandang yang nyaman

Cara yang pertama adalah memberikan kandang yang nyaman bagi kucing. Kandang terbaik yang dapat Anda gunakan adalah kandang yang berbahan alumium, karena jenis bahan yang satu ini tidak dapat berkarat. Selain itu, Anda juga harus menyesuaikan ukuran kandang, pastikan kandang yang Anda gunakan sangatlah luas. Anda dapat menyesuaikan dengan ukuran kucing dan pilihlah kandang yang memiliki jeruji yang sedikit lebar. Hal ini bertujan agar si kucing mendapatkan cukup oksigen dan kandang dapat melakukan pergantian udara dengan baik.

Menyisir bulu dan memandikannya

Dalam menyisir bulu Anda harus melakukannya setiap hari, hal ini berguna untuk membuang bulu-bulu mati pada bulu yang hidup. Bulu mati yang dibiarkan dan tidak terbuang dapat menyebabkan hairball, yaitu gumpalan bulu yang dapat masuk ke dalam saluran pencernaan akibat bulu tertelan saat kucing melakukan kegiatan menjilati bulunya atau self grooming. Sedangkan untuk memandikannya, Anda hanya perlu melakukan hal ini setiap 2 minggi sekali dan pastikan saat mandi kucing Anda dalam keadaan fit.

Perhatikan makanan dan minuman

Cara merawat kucing anggora selanjutnya adalah perhatikan makanan dan minuman. Sebaiknya hindarilah makanan yang bukan khusus kucing seperti ikan, ayam dan lainnya. Untuk minuman Anda dapat menggunakan air putih matang saja dan hindarilah menggunakan susu manusia untuk merawat kucing anggora. Pastikan makanan yang dikonsumsi kucing adalah makanan kering, karena makanan basah sangat tidak baik untuk kesehatannya.

Lakukan vaksinasi

Untuk mendapatkan hewan peliharaan yang sehat, jangan lupa untuk melakukan vaksinasi ketika kucing berusia 3 bulan. Untuk melakukan hal ini Anda dapat mengujungi dokter hewan, biasanya dokter akan menganjurkan vaksinasi sebanyak 3 kali. Akan tetapi Anda tidak wajib melakukan vaksinasi yang dilakukan setiap tahunnya.

Nah itulah beberapa cara merawat kucing anggora dengan baik. Baca juga artikel tentang Tips merawat ikan koki di rumah.