Tips Memelihara Kenari untuk Pemula

By Categories : Tips

Burung Kenari merupakan burung hias yang namanya sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia. Burung yang memiliki kicauan indah ini sering ikut meramaikan perlombaan yang diadakan di setiap daerah untuk dicari burung kenari mana yang memiliki kicauan paling indah dan paling unik. Berdasarkan macamnya burung kenari memiliki jenis lokal dan jenis luar yang diimpor dari beberapa negara di dunia.

Untuk urusan ternak biasanya kenari lokal dikawinkan dengan kenari impor biasa disebut dengan Yokshire yang akan menghasilkan burung kenari blesteran yang biasa disebut dengan F1. Burung mungil dan menggemaskan ini ternyatak dalam pemeliharaannya tak boleh sembarangan. Diperlukan beberapa cara jitu dalam memelihara burung kenari yang meliputi keadaaan kandang yang bersih, tempat makan dan minum yang bersih, serta jangan lupa berikan sayuran kepada sang burung.

Tips Memelihara Kenari

Bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana saja tips memelihara kenari, di bawah ini terdapat beberapa tips memelihara burung kenari yang bisa Anda coba di rumah.

Berikut Tips Memelihara Kenari untuk Pemula

Hindarkan Kenari dari Terik Sinar Matahari

Burung kenari tidak tahan terkena terik sinar matahari terlalu lama. Jika terkena terik sinar matahari terlalu lama dapat menyebabkan heat stroke akibat panas berlebih dari sinar matahari. Namun bukan berarti burung kenari tidak dikenakan sinar matahari. Waktu yang pas untuk menjemur burung kenari di bawah sinar matahari adalah pada saat pagi hari dan pada saat sore hari ketika matahari akan terbenam.

Sediakan Air Bersih

Tips memelihara kenari yang kedua adalah dengan menyediakan air bersih. Untuk memelihara burung kenari sebaiknya Anda mengganti air dan membersihkan wadah untuk air setiap harinya. Ini bertujuan untuk menghindarkan dari berbagai kuman yang menumpuk pada air. Biasanya burung kenari menggunakan air untuk mandi dan membasahi tubuhnya sendiri setiap pagi ketika terkena matahari pagi. Oleh sebab itu pergantian air setiap hari sangat perlu untuk dilakukan.

Berikan Makanan Biji-Bijian

Untuk masalah makanan berikan burung kenari berupa biji-bijian yang bisa dibeli di toko burung yang biasa berupa kemasan. Untuk biji-bijian dalam kemasan biasanya sudah dikombinasikan seperti canary seed, millet, dan juga niger seed sehingga membuat Anda tidak begitu repot dalam pemberian makanan.

Jaga Kebersihan Kandang Kenari

Tips memelihara kenari berikutnya adalah menjaga kebersihan kandang kenari meliputi tempat makan burung, tempat minum burung, dan juga sangkar secara keseluruhan. Kandang yang bersih akan menghindarkan berbagai macam penyakit kulit atau lainnya yang dapat mengancam kesehatan sang burung.

Berikan Nutrisi Tambahan

Selain memberikan biji-bijian Anda juga bisa memberikan nutrisi tambahan yang bisa didapatkan melalui buah-buahan seperti pisang, apel, ataupun pepaya. Disamping buah sayur-sayuran juga bisa diberikan seperti sayuran bayam, kol, ataupun sawi. Dengan nutrisi tambahan membuat burung kenari memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik.

Nah itulah tadi beberapa tips memelihara kenari untuk pemula. Jangan lupa untuk memberikan penutup pada sangkar ketika malam hari untuk menghindari nyamuk masuk ke dalam sangkar. Baca juga artikel mengenai Tips memelihara kucing Anggora.

loading...
terms: pelihara kenari