Tips Memelihara Ikan Cupang

By Categories : Tips

Ikan cupang atau dikenal juga dengan nama ikan beta merupakan salah satu ikan hias yang mudah untuk dipelihara. Jenis ikan hias air tawar ini banyak dipelihara orang karena keindahan bentuk dan warna pada tubuhnya. Ikan cupang banyak ditemukan di toko atau pasar yang menjual berbagai jenis ikan. Dengan kemudahan pemeliharaan, tak heran jika saat ini sudah banyak orang yang mencoba untuk membudidayakan jenis ikan yang terkenal dengan warna yang indah pada tubuhnya.

Meskipun mudah dalam memeliharanya, namun diperlukan juga tips dalam memelihara ikan cupang. Ikan cupang tidak hanya dijadikan sebagai hiasan di akuarium pada air tawar saja melainkan juga diadu untuk sesama jenis ikan cupang. Sebagian orang suka mengadu ikan cupang untuk melihat apakah ikan mereka menang atau kalah.

cupang

Meski ikan ini terkenal dengan keagresivitasnya lebih baik ikan cupang dijadikan sebagai ikan hias penghuni akuarium dengan beberapa jenis ikan hias lainnya. Di bawah ini terdapat beberapa tips dalam memelihara ikan cupang yang perlu Anda ketahui.

Berikut Tips Memelihara Ikan Cupang

Untuk memelihara ikan cupang langkah pertama yang perlu Anda siapkan adalah dengan mempersiapkan tempat untuk ikan cupang. Ikan cupang terkenal sebagai ikan yang cukup agresif terhadap ikan lain, oleh sebab itu ketika Anda menaruh ikan cupang ke dalam akuarium dan bermaksud untuk mencampurkan ikan jenis lain alangkah baiknya jika melihat jenis ikan yang akan dicampurkan. Beberapa orang percaya bahwa ikan ini dapat hidup dengan udang cerry, dan jenis ikan neon tetra. Untuk ukuran akuarium Anda dapat memilih akuarium dengan ukuran 10 sampai dengan 15 liter.

Untuk makanan ikan cupang Anda dapat memberikan makanan kering atau pellet. Selain pellet ikan cupang juga bisa Anda berikan makanan hidup berupa cacing. Pemberian makan pada ikan cupang tak perlu berlebihan, cukup dua kali dalam sehari. Cacing beku menjadi pilihan banyak orang saat memelihara ikan cupang.

Menjaga kebersihan tempat tinggal ikan cupang merupakan tips memelihara ikan cupang selanjutnya. Layaknya seperti memelihara ikan hias lainnya, kebersihan akuarium atau wadah untuk ikan cupang perlu diperhatikan. Kebersihan pada tempat ikan cupang akan menghindarkan sang ikan dari stress. Selain itu Anda juga tak perlu mengganti air setiap harinya, cukup 2 atau 3 hari sekali. Jika terdapat sisa makanan, sebaiknya untuk segera mengambil agar air tidak menjadi keruh.

Tambahkan aksesoris akuarium. Untuk mempercantik akuarium, Anda dapat menambahkan beberapa aksesoris di dalamnya seperti batu-batuan hias dan juga filter air. Filter air berfungsi untuk meningkatkan oksigen di dalam air sekaligus membantu untuk mencegah air cepat keruh. Anda dapat memelihara 1 atau dalam kelompok minimal 5 ikan cupang betina ke dalam akuarium. Jangan lupa berikan tempat untuk ikan agar dapat bersembunyi. Ikan cupang juga merupakan jenis ikan hias Aquascape yang bisa menjadi pilihan.

Demikianlah tadi beberapa pembahasan mengenai tips memelihara ikan cupang yang dapat Anda ketahui. Untuk air yang bisa Anda gunakan dapat berasal dari air keran sebagai alternatif murah.

loading...
terms: aquascape untuk cupang, Apakah daun jati bagus untuk cupang, fungsi daun jati untuk cupang hias, fungsi daun jati untuk ikan cupang, image ikan, manfaat daun jati kering untuk cupang, manpaat daun jati untuk cupang