Tips Memelihara Burung Hantu

By Categories : Tips

Burung hantu merupakan salah satu jenis yang saat ini mulai banyak dipelihara sebagian orang. Burung yang biasa hidup di malam hari ini banyak digemari oleh para pecinta burung eksotik. Burung hantu kerap kali dijadikan teman di rumah, mengingat burung ini dapat dilatih. Terdapat beberapa jenis burung hantu yang keberadaannya sangat populer seperti jenis Bawn Owl yang bisa dijual dengan harga 3,5 sampai 7,5 juta per pasangnya.

Sementara untuk anakan bulan bisa dijual dengan harga 250 sampai 400 ribu per ekornya. Sedangkan untuk jenis burung hantu dewasa yang sudah terlatih bisa dijual sampai dengan harga 10 juta tiap ekornya. Selain dipelihara burung hantu juga dibudidayakan serta dimanfaatkan oleh kalangan petani. Petani memanfaatkan burung hantu untuk mengusir hama tikus. Untuk memelihara burung hantu dibutuhkan beberapa tips dalam memeliharanya.

Burung Hantu

Berikut Tips Memilihara Burung Hantu

Usahakan Tidak Memasukkan ke Dalam Sangkar

Tips memelihara burung hantu yang pertama adalah usahakan untuk tidak memasukkannya ke dalam sangkar. Burung ini cenderung stress ketika dimasukkan ke dalam kandang atau sangkar. Ketika si burung stress maka akan lebih susah untuk dilatih dan dijinakan. Ada baiknya jika melatih burung hantu dengan menyediakan tenggeran yang biasa digunakan juga oleh burung kakatua. Jangan lupa untuk mengkaitkan tali pada kaki si burung. Ketika burung berada di tenggeran akan mempermudah kita untuk menjinakannya. Jika sudah jinak si burung tidak mudah stress dan mudah untuk dilatih. Meskipun harus ditaruh di sangkar, berikan sangkar dengan ukuran yang lebih besar. Baca Juga Tips Merawat Burung Love Bird bagi Pemula

Perhatikan Makanan yang Dikonsumsinya

Tips memelihara berikutnya adalah dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi burung hantu. Untuk makanan yang dikonsumsi burung hantu jenis celepuk lebih mudah ketimbang jenis barn owl. Anda dapat memberikan makanan berupa jangkrik pada pagi dan malam sesuai dengan porsinya. Selain memberikan makanan, burung hantu juga perlu diberikan minuman berupa air yang sudah ditaruh di wadahnya. Sementara untuk makanan tambahan dapat diberikan berupa ikan kecil untuk menambah gizi.

Jangan Menjemur Burung Hantu di Tempat yang Panas

Tips memelihara burung hantu yang ketiga jangan menjemur di tempat yang panas. Burung hantu merupakan salah satu hewan nocturnal paling sempurna. Ketika terang si burung justru akan bersembunyi, begitu petang tiba burung hantu akan keluar untuk mencari mangsa. Ketika Anda memelihara burung hantu, usahakan untuk tidak menjemurnya pada siang hari dengan cuaca yang panas. Untuk proses penjemuran sebaiknya dilakukan pada pagi hari ketika terik matahari belum begitu menyengat. Tempatkan burung hantu di tempat yang teduh serta jangan memandikan burung di bawah sinar matahari.

Tetap Tenang pada Proses Penjinakan

Pada proses penjinakan sebaiknya jangan panic dan berusaha tetap tenang. Ketika Anda merasa panik, maka burung hantu ikut panik yang bisa berakibat stress. Ketika burung stress biasanya mereka akan susah makan. Sebab itu ketika proses penjinakan sebaiknya menggunakan sarung tangan untuk mengantisipasi bila si burung menggigit atau mencakar dengan kukunya.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai tips memelihara burung hantu yang bisa Anda ketahui. Baca Juga Tips Memelihara Kenari untuk Pemula