Tips Membuat Taman Rumah Minimalis dan Modern

By Categories : Tips

Bagi Anda yang ingin membangun rumah dengan gaya modern sangat cocok untuk memiliki taman rumah minimalis. Pastikan Anda menyediakan sedikit lahan untuk dibuat taman tersebut. Taman akan membuat rumah Anda lebih segar dan nyaman. Untuk membuat taman, Anda dapat memilih untuk ditempatkan di depan rumah, belakang, atau samping. Dalam pembuatannya pun tidak harus dengan biaya yang mahal. Taman rumah minimalis yang dibutuhkan adalah sedikit lahan kosong beserta tumbuhan yang akan ditanam.

Taman Rumah Minimalis

Ada berbagai macam tumbuhan yang bisa Anda pilih. Namun hal yang paling penting adalah dengan adanya rumput. Peran rumput disini dapat membuat rumah Anda lebih sejuk. Anda juga dapat menambah jalan setapak dengan kerikili atau lantau yang terbuat dari batu alam. Unsur alam tersebut akan membuat taman minimalis Anda lebih hidup. Kemudian agar sesuai konsep rumah minimalis, Anda dapat memilih tumbuhan yang kecil yang tidak dapat tumbuh hingga besar. Ini dikarenakan jika tanaman dapat tumbuh besar maka akan menjadi masalah di kemudian hari. Jika ingin membangun taman sesuai keinginan kita maka Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut.

Tips membuat taman rumah minimalis

  1. Karakter bangunan dan penghuni

Sebelum Anda mulai membuat taman, maka Anda harus perhatikan desain taman yang akan dibangun, kemudian sesuaikan dengan konsep rumah Anda. Sepert yang sudah dijelaskan di atas, jika Anda menginginkan taman rumah minimalis maka pilihlah bahan material atau tumbuhan yang simpel namun tetap menarik. selain itu, karakter penghuni juga perlu diperhatikan karena ini berdampak pada psikologis sang penghuni.

  1. Lahan

Dalam mambuat taman rumah, Anda harus meyesuaikan dengan lahan yang Anda miliki. Jika lahan tersebut tidak terlalu luas, maka pilihlah tanaman yang sederhana. Selain itu, Anda juga dapat menanam tanaman di dalam pot untuk menghemat tempat.

  1. Hardscape

Agar terlihat lebih modern, Anda juga dapat menambahkan elemen keras seperti patung, batuan, atau kolam. Umumnya hardscape dirancang pada saat awal pembuatan taman rumah minimalis.

  1. Jenis tanaman

Pemilihan tanaman tergantung konsep rumah yang Anda miliki. Misal tipe rumah Anda bergaya minimalsi, maka Anda pilih tanaman yang memiliki karakter praktis contohnya tanaman yang daunnya tidak rimbun.

  1. Cahaya

Cahaya dalam sebuah taman itu penting, namun jika terlalu lama terkena cahaya dari sinar matahari juga tidak baik untuk tumbuhan tertentu. Sehingga Anda dapat menempatkan satu pohon yang dapat berfungsi sebgai peneduh pada tanaman lainnya. Untuk malam hari, berikan cahaya lampu disekitar taman agar teman terlihat lebih cantik.

Baca juga Tips Memilih Dekorasi Rumah Minimalis

Itulah beberapa tips membuat taman rumah minimalis. Jika Anda menginginkan suasana yang lebih segar, Anda dapat memilih tamanan jalar yang dapat menjalar ke sebagian tembok rumah Anda.