Tips Membuat Gorengan Agar Renyah dan Tahan Lama

By Categories : Tips

Siapa yang tidak mengenal gorengan? Gorengan merupakan salah satu makanan yang sering kita jumpai baik di pinggir jalan ataupun di restoran ternama sekalipun. Rasanya yang renyah dan gurih membuat gorengan diminati oleh pembelinya. Ada tahu goreng, tempe goreng, risoles, martabak, lumpia dan masih banyak lagi.

Namun tahukah Anda banyak pedagang gorengan nakal yang menambahkan plastik dan lilin ke dalam penggorengannya untuk digoreng bersama adonannya? Hal ini bertujuan untuk membuat gorengan lebih renyah dan tentunya lebih diminati oleh pembeli. Tentunya hal tersebut sangat tidak baik bagi kesehatan karena penambahan bahan-bahan berbahaya tersebut dapat memicu penyakit yang serius seperti kanker. Para pedangang nakal yang menambahkan bahan berbahaya bisa dipidanakan dijerat dengan UU perlindungan konsumen, dengan ancaman penjara hingga lima tahun atau denda sampai 2 milyar rupiah.

Baca juga Sajian yang pas saat musim hujan.

Mengkonsumsi gorengan juga sebaiknya tidak terlalu sering karena dapat memicu penyakit karena kolesterol, untuk menyiasatinya, Anda tidak perlu takut untuk mengonsumsi gorengan, cukup dengan cara tidak memakannya terlalu sering, kurangi kadar minyak dalam gorengan, perbanyak serat, dan olahraga serta gaya hidup sehat lainnya. Anda dapat membuat gorengan kesukaan Anda lebih enak dan tentunya lebih sehat. Berikut adalah tips membuat gorengan agar renyah dan tahan lama!

Tips Membuat Gorengan Agar Renyah

Inilah tips membuat gorengan agar renyah dan tahan lama

Gunakan minyak yang berkualitas baik

Tips dalam menggoreng gorengan agar lebih enak dan sehat yang pertama adalah dengan cara menggunakan minyak yang berkualitas baik. Pastikan Anda tidak menggunakan minyak goreng berulang kali. Selain rasanya tidak enak, hal tersebut juga dapat berpengaruh bagi kesehatan. Tak hanya itu, minyak goreng yang sudah dipakai berkali-kali tentunya akan memiliki warna yang kecoklatan atau sering dinamakan jelantah. Hal tersebut akan membuat gorengan yang Anda goreng memiliki warna yang tidak cantik lagi.

Ganti MSG dengan kaldu bubuk

Tips yang kedua adalah dengan cara mengganti MSG dengan kaldu bubuk. Hal ini akan membuat gorengan yang Anda buat akan lebih gurih dan enak daripada menggunakan MSG. Meskipun sama-sama menggunakan penguat rasa, kaldu bubuk memiliki sari pati daging atau ayam yang lebih banyak. Tentunya hal ini lebih menyehatkan daripada menggunakan MSG. Untuk menggunakan kaldu bubuk, Anda dapat memilih kaldu bubuk sapi atau ayam sesuai dengan selera Anda.

Pastikan adonan hingga terendam minyak

Tips membuat gorengan agar renyah dan tahan lama selanjutnya adalah pastikan adonan yang Anda goreng terendam minyak panas. Hal ini bertujuan agar gorengan matang dengan sempurna. Dan sebaiknya jangan terlalu banyak memasukkan adonan yang akan digoreng ke dalam wajan. Karena terlalu banyak adonan akan membuat suhu minyak menurun, sehingga ini akan membuat adonan makin lama matangnya. Anda juga dapat menggunakan wajan yang tebal. Wajan yang seperti itu dapat membuat gorengan yang Anda goreng memiliki tingkat kematangan yang sempurna dan tidak mudah gosong.

Gunakan kapur sirih atau baking soda

Seperti yang Anda ketahui, untuk mendapatkan rasa yang nikmat campuran bumbu yang dibuat harus pas. Lantas bagaimana agar gorengan lebih renyah dan tahan lama? Untuk mendapatkan hal tersebut, Anda dapat menggunakan kapur sirih atau baking soda. Biasanya gorengan yang sudah dingin akan menjadi lembek dan tidak renyah lagi. Namun jika Anda menggunakan salah satu bahan tersebut, gorengan Anda tetap renyah meskipun sudah dingin.

Itulah beberapa tips membuat gorengan agar renyah dan tahan lama. selamat nyam.. nyam.. :-)

Lihat juga Resep makanan untuk balita.

Loading...
terms: resep tempe goreng tepung renyah dan tahan lama, resep bakwan sayur renyah tahan lama, cara membuat gorengan renyah, resep gorengan renyah, cara membuat gorengan renyah dan tahan lama, resep bakwan renyah dan tidak lembek, cara membuat usus krispi tahan lama, resep tahu isi renyah tahan lama, resep gorengan crispy, campuran tepung agar gorengan renyah, cara bikin gorengan renyah, resep tepung crispy tahan lama