Tips Membersihkan Telinga Yang Aman

By Categories : Kesehatan

Anda mungkin membersihkan telinga secara rutin beberapa hari sekali. Terkadang telinga yang terasa gatal juga mendorong kita untuk membersihkan telinga yang kotor. Tips membersihkan telinga dibawah ini memang terlihat sepele tetapi jika tidak dilakukan dengan benar maka dapat mengakibatkan masalah serius pada telinga.

Tips mudah membersihkan telinga dengan efektif

Tips membersihkan Telinga

– Sebaiknya kita berhati-hati dengan penggunaan cotton bud, karena jika caranya tidak benar justru berpotensi dapat merusak genderang telinga atau justru mendorong kotoran jauh kedalam.

Gunakan cotton bud dengan ujung kapas yang kecil, tujuanya supaya tidak mendorong kotoran kedalam. Masukan cotton bud melalui tengah tanpa menyentuh tepi liang telinga kemudian tarik kotoran keluar.

Perlu diketahui bahwa bagian telinga yang menghasilkan zat lilin hanya 1/3 telinga luar. sepertiga bagian telinga luar ini juga memiliki rambut-rambut halus yang dapat bergerak untuk mengeluarkan kotoran secara alami. Jadi jangan memasukan cotton bud terlampau dalam karena jika terlalu dalam bisa saja justru kotoran akan terperangkap didalam dan mengeras. Memasukan cotton bud terlalu dalam juga bisa melukai gendang telinga.

– Tips membersihkan telinga yang lain adalah dengan menggunakan air hangat. Caranya dengan memasukan beberapa tetes kedalam telinga kemudian mengeluarkan dengan memiringkan kepala berlawangan arah dengan saat memasukan. Jika anda menggunakan cara ini sebisa mungkin gunakan air hangat karena air yang terlalu dingin atau terlalu panas dapat memicu vertigo. Penggunaan air hangat juga dapat digantikan dengan beberapa tetes baby oil untuk melunakan kotoran telinga yang mengeras

РJika anda kesulitan mengeluarkan kotoran yang ada dalam telinga  cobalah untuk mengunjungi dokter spesialis THT. Dokter mungkin akan mengeluarkan kotoran dengan alat tertentu atau melunakan kotoran yang mengeras dengan obat tetes telinga dan kemudian baru mengeluarkannya.

Saat ini di salon-salon mungkin kita menemui layanan ear candle. dimana telinga akan diberi asap dari lilin khusus. Jika dilihat dari evaluasi barat maka metode ini tidak efektif, bahkan walaupun jarang dapat ditemukan kelainan pada telinga setelah menggunakan ear candle seperti penyempitan liang telinga dan berlubangnya gendang telinga.

Pastikan anda menggunakan tips membersihkan telinga yang benar karena telinga merupakan salah satu panca indera penting yang wajib kita jaga sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas karunia karena kita dapat mendengar.

Loading...