Tips Membersihkan Kamar Mandi

By Categories : Tips

Kamar mandi atau toilet merupakan salah satu tempat paling kotor di dalam rumah selain dapur. Dengan mengetahui cara dan tips membersihkan kamar mandi yang benar maka apa yang kita lakukan akan lebih efektif, kamar mandi menjadi bersih dengan tanpa mengeluarkan tenaga ekstra atau proses permbersihan berulang kali.

cara membersihkan kamar mandi yang benar

Pertama-tama yang perlu anda lakukan sebelum membersihkan kamar mandi adalah menyeiapkan alat dan cairan permbersih. Sikat besar, sikat toilet, ember, kain lap dan cairan permbersih serba guna. Beberapa orang menganjurkan untuk menggunakan cuka putih sebagai pengganti cairan pembersih kimia karena cuka relatif aman untuk kesehatan dan lebih ramah lingkungan. Tetapi pilihan tetap berada ditangan anda, ingin menggunakan cuka atau menggunakan cairan permbersih serba guna.

Setelah menyiapkan semua yang diperlukan saatnya untuk bersih-bersih. Bak mandi bisa menjadi target yang pertama. Kosongkan air yang ada dalam bak, siram bermukaannya dengan cuka atau cairan pembersih. Tunggu selama kurang lebih satu jam kemudian gosok dengan menggunakan sikat dan terak‏hir siram menggunakan air panas untuk membunuh kuman dan melunturkan sisa kotoran yang tertinggal.

Yang kedua adalah membersihkan lantai, tuangkan cuka putih/cairan pembersih ke permukaan lantai lalu tunggu selama kurang lebih lima menit, gosok dengan menggunakan sikat hingga bersih. Jangan lupa untuk menyiramnya dengan air setelahnya karena sisa cuka atau cairan pembersih yang mengendap dapat merusak lantai keramik.

Selanjutnya adalah membersihan toilet, Toilet merupakan sarang terbesar bibit penyakit terutama bakteri E coli dan salmonela. Untuk membersihkan toilet, taburkan satu cangkir baking soda kedalam toilet, tunggu beberapa menit lalu sikat sampai bersih. Anda juga bisa menggunakan baking soda untuk mebersihkan wastafel. Setelah bersih, bilas sampai benar-benar bersih. Selain menggunakan baking soda, anda juga bisa menggunakan cairan khusus permbersih toilet yang bisa anda beli di toko-toko.

Terakhir adalah membersihkan rak handuk dan rak peralatan mandi. Ganti handuk beberapa kali sehari dan hindari untuk menaruh handuk basah didalam kamar mandi karena bisa digunakan sebagai tempat pertumbuhan kuman. Tempatkan peralatan mandi agak jauh dari toilet karena kuman dari toilet bisa terbang dan hinggap di perlatan mandi. Sikat gigi juga sebaiknya terpisah satu sama lainnya karena kontak antara bulu sikat bisa menularkan kuman.