Tips Membersihkan Dapur Agar Bebas Dari Kuman

By Categories : Kesehatan

Sebagian besar makanan rumah tangga di olah di dapur. Itu sebabnya kita perlu menjaga kebersihan dapur agar makanan yang dikonsumsi tetap sehat. Mengapa kita membutuhkan tips membersihkan dapur padahal membersihkan dapur itu mudah? itu karena seringkali kita melewatkan bagian-bagian tertentu didapur.

tips membersihkan  dapur

Tips Mudah Membersihkan Alat Dapur dari Kuman

– Spons
Kita membersihkan makanan dengan spons dan sabun, bayangkan berapa banyak bahan tercampur dan berapa banyak kuman yang menempel di dalam spons. Sesekali cuci dan bersihkan spons anda, anda juga bisa menyiramnya dengan air panas untuk menghilangkan kuman. Jika spons sudah terlihat mulai rusak, ganti dengan yang baru.

– Talenan
bedakan antara talenan sayur dan buah dengan talenan yang digunakan untuk memotong daging dan ikan karena kuman yang ada di talenan bekas daging bisa menyebabkan masalah kesehatan jika digunakan untuk memotong buah yang dikonsumsi secara mentah.

– Makanan beku
Jangan mencairkan makanan beku dengan air panas karena bakteri dapat berkembang dengan cepat.

– Bersihkan sampah secara teratur dan jauhkan tempat sampah dari piring dan sendok karena kuman bisa saja menyebar melalui udara serta menempel di peralatan makan.

– Wastafel
Wastafel merupakan tempat yang penuh dengan kuman, pastikan anda membersihkan wastafel dengan menggunakan pembersih anti kuman.

– Membersihkan Penggorengan dan Panci
Untuk mempermudah membersihkan noda terbakar atau noda minyak di penggorengan caranya adalah mengoleskan sabun di noda penggorengan kemudian merendamnya setidaknya selama 15 menit. Bersihkan dengan sikat setelahnya.

itulah beberapa tips membersihkan dapur dan peratannya agar bersih dari noda dan kuman.

loading...