Tips Membeli Laptop Bekas Berkualitas

By Categories : Tips

Laptop bekas berkualitas sampai saat ini masih menjadi pilihan banyak orang untuk mendapatkan laptop. Tak bisa dipungkiri bahwa laptop bekas berkualitas memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan harga barunya. Namun sebagai pembeli Anda harus bijak dan mengetahui tips dalam membeli terutama untuk membeli laptop bekas.

Hal ini bertujuan untuk agar tidak kecewa dikemudian hari ketika membeli laptop bekas. Nah bagi Anda yang sedang mencari laptop bekas dengan spesifikasi berkualitas, perhatikan tips-tips yang akan di bahas pada kesempatan kali ini. Langsung saja di bawah ini ulasan mengenai beberapa tips membeli laptop bekas berkualitas yang sudah dirangkum dari beberapa sumber di internet.

Membeli Laptop Bekas Berkualitas

Berikut Tips Membeli Laptop Bekas Berkualitas

Perhatikan Ketahanan dan Kualitas Baterai

Tips membeli laptop bekas berkualitas yang pertama adalah dengan memperhatikan ketahanan dan kualitas dari baterai. Baterai menjadi komponen penting di dalam laptop karena dapat dikatakan tanpa adanya baterai, laptop tak bisa digunakan kecuali jika menggunakan charger yang terhubung langsung dengan stop kontak. Untuk harga baterai asli dapat mencapai 1 juta rupiah. Oleh sebab itu ketika Anda akan membeli laptop bekas, usahakan lihat kondisi dari baterai terlebih dahulu.

Perhatikan Kondisi Layar

Tips membeli laptop bekas berkualitas berikutnya adalah dengan memperhatikan kondisi layar laptop. Dalam poin ini Anda perlu cermat dalam memeriksanya, hal ini berguna untuk mengetahui apakah kondisi layar laptop tersebut mengalami masalah cacat baik kondisi fisik maupun lainnya. Anda dapat mencoba mengganti background desktop menjadi putih atau solid color hitam untuk mengecek apakah terdapat dead pixel atau tidak.

Perhatikan Spesifikasi Laptop

Tips membeli laptop bekas berikutnya adalah dengan memperhatikan spesifikasi pada laptop. Hal ini sangat penting agar Anda agar tidak menyesal di kemudian hari. Untuk masalah spesifikasi usahakan keluaran laptop tidak terlalu lama. Dalam hal ini Anda perlu melihat ukuran RAM, generasi prosesor, dan juga VGA yang digunakan. Dengan usia laptop yang tak terlalu lama mengurangi resiko kinerja yang lemot.

Periksa Kondisi Hardware

Memeriksa kondisi hardware perlu juga Anda pertimbangkan untuk mengurangi resiko pergantian hardware baru. Kondisi hardware seperti harddisk pada laptop apakah masih bekerja secara normal dalam penyimpanan ataupun mengalami bad sector. Selain harddisk Anda juga perlu memastikan hardware lainnya seperti webcam, Bluetooth, WiFi, Bluetooth, Fan, dan komponen lainnya masih berfungsi dengan baik.

Perhatikan Kondisi Charger Laptop

Yang terakhir adalah jangan lupa untuk memperhatikan kondisi dan kinerja dari charger bawaan laptop. Sama halnya dengan baterai charger pada laptop juga memiliki harga yang mahal. Oleh sebab itu sebaiknya Anda perlu memperhatikan kondisi charger dengan memastikan dapat berfungsi dengan baik dan tidak ada tanda kerusakan pada kabel charger.

Demikianlah tadi beberapa tips membeli laptop bekas berkualitas yang bisa Anda ketahui. Jangan lupa juga memperhatikan dan mencari informasi mengenai harga baru berapa dan harga bekas berapa.