Tips Membeli Komputer Baru secara Terpisah

By Categories : Teknologi

Tips membeli komputer baru diperlukan dalam merakit sebuah PC (personal computer) agar biaya yang dikeluarkan tidak membengkak. Sampai saat ini merakit sebuah PC memang banyak menjadi pilihan kebanyakan orang. Dengan merakit sendiri, pengguna dapat mengetahui biaya berapa saja yang akan dikeluarkan. Namun jika tidak berhati-hati dalam pemilihan hardware yang digunakan justru dapat menghamburkan dana.

Tips Membeli Komputer Baru

Bagi mereka yang menyukai bermain game melalui PC tentu akan memilih hardware seperti VGA dengan kualitas tinggi, ukuran RAM besar, prosesor yang handal, serta slot memori besar. Hal tersebut tentunya membutuhkan dana yang tak sedikit. Nah lalu bagaimana untuk merancang atau membeli komputer baru secara terpisah dengan dana seminimal mungkin, simak 5 tips membeli komputer baru secara terpisah.

Berikut Tips Membeli Komputer Baru Secara Terpisah

Ketahui terhadap Prosesor yang Akan Di Pilih

Untuk pemilihan prosesor sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan penggunaan. Hal ini berguna untuk menekan biaya seminimal mungkin namun tetap berfungsi dengan baik ketika digunakan sesuai dengan kebutuhan. Untuk pemilihannya Anda bisa menyesuaikan, misal untuk aktivitas penggunaan biasa seperti mengetik, aktivitas browsing internet, bermain game ringan, serta aktivitas ringan lainnya, prosesor Dual Core kecepatan 3.0 GHz (Haswell) sudah dari cukup. Namun untuk kebutuhan game sebaiknya prosesor Core-i3 atau di atasnya.

Perhatikan Pemilihan RAM

Tips untuk membeli komputer baru secara terpisah berikutnya adalah dengan memperhatikan pemilihan RAM. Agar biaya tidak membengkak terlalu jauh pemilihan RAM sebaiknya juga disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk komputer gaming Anda dapat memilih ukuran RAM sebesar 8 GB. Sedangkan untuk komputer penggunaan standart, Anda bisa memilih ukuran RAM sebesar 2 GB atau 4GB agar lebih handal dalam pengoperasiannya. RAM DDR3 atau DDR4 memiliki proses data lebih cepat dengan MHz tinggi.

Perhatikan Harddisk

Jenis harddisk pada umumnya IDE, SATA, ATA, dan SSD. Untuk kualitas paling baik memang jatuh jenis SSD. Namun SSD memiliki harga paling mahal mengingat kecepatan yang dimiliki dalam write atau read data sangat cepat. SSD memang lebih cocok untuk kebutuhan gaming dengan kecepatan yang handal. Sedangkan untuk penggunaan biasa menyimpan file dan tidak untuk gaming HDD SATA sudah cukup dengan kecepatan 5400 RPM dengan kapasitas 500 GB.

Perhatikan VGA yang Akan Digunakan

Tips membeli komputer baru secara terpisah berikutnya adalah perhatikan pemilihan VGA. VGA dengan kualitas arsitekturkan 128 Bit yang berkapasitas 1 atau 2 GB memang sudah cukup untuk bermain game. Sementara untuk kebutuhan yang lebih seperti raderng video 3D sebaiknya pilih VGA dengan arsitekturkan 256 Bit kapasitas 2 GB. Perlu diingat juga sesuaikan dengan motherboard yang Anda gunakan.

Jangan Memilih Sembarangan Power Supply

Power supply atau di singkat PSU menjadi komponen hardware lain yang memiliki peran penting. Bagi Anda yang ingin membeli komputer secara terpisah, sebaiknya hitung terlebih dahulu daya yang dibutuhkan pada setiap komponen hardware lainnya. Ini bertujuan untuk agar PSU dapat memberikan daya yang cukup pada komponen hardware lainnya.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai tips membeli komputer baru secara terpisah yang disesuaikan dengan kebutuhan. Baca juga artikel mengenai Tips membeli laptop bekas berkualitas.

loading...
terms: membeli komputer secara terpisah