Tips Membedakan Madu Asli dan Palsu

By Categories : Tips

Madu memang memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh seperti mampu meningkatkan daya tahan tubuh, serta mengobati berbagai penyakit yang ada. Selain baik untuk kesehatan, madu juga digunakan sebagai salah satu bahan untuk merawat kulit agar tetap sehat dan cantik. Biasanya madu bisa didapatkan dengan membelinya melalui pasar tradisional, atau supermarket.

Namun dalam membelinya Anda harus mengenali mana madu yang asli atau yang palsu dengan campuran gula di dalamnya. Memang susah untuk membedakan secara langsung mana madu yang asli dan mana madu yang sudah dicampur dengan bahan lain. Nah untuk membedakan mana madu yang asli dan mana madu yang palsu, silahkan simak ulasan di bawah ini!

Tips Membedakan Madu Asli dan Palsu

Tips Membedakan Madu Asli dan Palsu

Memasukkan Madu ke Dalam Kulkas

Untuk menguji mana madu yang asli dan mana madu yang palsu Anda dapat mencobanya dengan memasukkan madu ke dalam kulkas. Untuk madu yang asli, ketika dimasukkan ke dalam almari es maka madu tersebut tidak akan membeku. Sedangkan untuk madu yang palsu atau sudah dicampur dengan bahan lainnya justru akan membeku. Cara ini sangat mudah untuk pengujian terhadap madu asli dan palsu.

Dengan Memasukkan Ke dalam Air

Tips membedakan madu asli dan palsu yang berikutnya adalah dengan cara memasukkannya ke dalam air putih. Untuk madu murni atau asli ketika diteteskan ke dalam air putih maka akan langsung jatuh ke dalam gelas. Sedangkan untuk madu palsu yang sudah dicampurkan dengan bahan lainnya justru akan menyebar ke air dan menyebabkan air menjadi keruh. Selain itu jika madu sama-sama tenggelam ke dalam air, madu yang asli tidak terputus-putus, sedangkan madu palsu akan putus ketika jatuh ke dalam air. Ini dikarenakan madu memiliki daya tarik-menarik yang kuat, sedangkan madu palsu tidak karena sudah tercampur dengan bahan lain. Baca juga Makanan Khas Korea Selatan

Dengan Cara Memanaskan Madu

Cara berikutnya yang dapat dilakukan untuk mengetahui mana yang asli dan palsu adalah dengan cara memanaskan madu. Panaskan madu ke dalam panci dengan api yang tidak terlalu besar. Jika madu tersebut mengeluarkan gelembung udara, maka bisa dipatikan madu tersebut asli. Sedangkan untuk madu palsu akan mengeluarkan buih seperti air gula yang dipanaskan. Bisa jadi madu tersebut sudah dicampur dengan gula.

Menguji Melalui Kertas

Tips yang satu ini sangat mudah dan sederhana untuk mengetahui mana madu asli dan palsu. Anda dapat menggunakan kertas HVS sebagai media pembantunya. Tuangkan madu ke atas kertas HV, maka kertas HVS tersebut tidak akan mudah robek dan madu akan lama untuk menembusnya. Sedangkan madu palsu justru membuat kertas mudah robek, serta akan mudah menembus kertas dalam hitungan detik saja.

Nah itulah tadi beberapa pembahasan mengenai tips membedakan madu asli dan palsu, adapun cara lain yaitu dengan bantuan semut, jika madu asli maka semut tidak akan mendekati, sedangkan madu palsu justru semut akan mendatanginya. Agar Anda aman dalam membeli madu, Anda dapat datang langsung ke peternakan lebah yang menjual madu asli 100%. Baca juga artikel Tips Merawat Celana Jeans