Tips Memancing Ikan Bandeng

By Categories : Umum

Memancing adalah hal yang sangat mengasyikkan. Apa lagi jika kita ingin memancing ikan bandeng, karena memiliki sensasi tersendiri. Jika anda saat ingin memancing ikan bandeng langsung di laut, tetapi keadaan sangatlah buruk, makan anda bisa mencobanya untuk memancing di kolam merupakan alternative yang lainnya. Dan pada kali ini kami akan memberikan tips memancing ikan bandeng.

Sebelum itu marilah kita mengetahui tentang ikan bandeng. Ikan bandeng ( Bahasa latin : Chanos chanos atau bahasa Inggris : milkfish )merupakan salah satu ikan yang paling banyak digemari di daerah Asia Tenggara. Karena ikan bandeng sendiri merupakan salah satu familia Chanidae di mana satu – satunya spesies dari 7 spesies lainnya yang sudah punah. Namun saat ini ikan ini juga banyak diternakkan di tambak untuk keperluan dijual. Nah setelah mengetahui sekilas tentang ikan bandeng, berikut adalah tips memancing ikan bandeng, selamat menyimak :

Cara Mudah Memancing Ikan Bandeng

  1. Alat pancing yang digunakan : sebelum anda pergi memancing, siapkan terlebih dahulu terhadap peralatan memancing. Untuk joran pilihlah ukuran 150 – 180 cm serta rating kenur antara 3 sampai 18 lbs. Untuk Reel gunakan seri 1000 – 4000. Utnuk Line gunakan monofilament PE 1 / 2. Sedangkan untuk kail dan timah pemberat anda bisa menggunakan no 3 dan 4.mancing ikan bandeng
  2. Umpan : untuk umpan yang biasa digunakan untuk memancing ikan bandeng itu tergantung dengan pemberian pakan biasanya. Akan tetapi ada beberapa umpan yang biasa dipakai yaitu :Roti reject : untuk penggunaannya cukup dengan di ulir pada matakail. Pellet merah ikan koi : penggunaannya dengan cara menyeduh dengan air panas dan tambahkan telur ayam mentah, lalu seperti biasanya cukup dengan mengaitkan pellet pada matakail.
  3. Waktu : nah, untuk yang satu ini juga tidak kalah penting karena sangat berpengaruh untuk memancing ikan bandeng. Waktu yang tepat untuk memancing ikan bandeng yaitu ketikan sinar matahari sudah tepat menyorot yaitu sekitar jam 9 hingga 12 siang. Sedangkan setelah itu, ikan bandeng akan sulit di tangkap karena kurang bernafsu untuk makan hingga jam 3 sore. Jika anda memancing ikan bandeng di air payau ataupun di tambak, alangkah baiknya jangan memancing di saat sehabis hujan. Karena intensitas air asinnya berkurang sehingga menyebabkan ikan bandeng kurang bernafsu untuk makan. Sehebat apapun umpan yang anda berikan, namun jika ikan bandeng kurang bernafsu makan, maka akan susah sekali untuk mendapatkan strike.
  4. Cara mengetahui keberadaan ikan bandeng : untuk mengetahui keberadaan ikan bandeng ini biasanya ikan ini sering berada di daerah pinggir, khususnya di kolam. Mengingat ikan bandeng merupakan jenis ikan yang bergerombol. Kita juga harus sering berpindah posisi jika umpan yang sudah kita lembar dalam waktu yang lama tidak direspons ikan. Dan juga jangan lupa untuk selalu memperhatikan kecipakkan ikan bandeng, karena di sanalah tempat mereka berkumpul.

terms: gambar joran pancing ikan bandeng, umpan bandeng liar