Ingin Hemat Wisata? Berikut Tips Liburan Hemat

By Categories : Wisata

Liburan menjadi alternatif kebanyakan orang untuk menyegarkan pikiran setelah aktivitas seharian. Hari libur atau akhir pekan menjadi waktu terbaik untuk berwisata. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Bahkan mereka rela mengeluarkan dana banyak ketika hari libur tiba untuk berwisata bersama keluarga.

Namun tidak selamanya berwisata mengeluarkan dana yang banyak, melainkan dapat hemat asalkan mengetahui berbagai tips dalam berwisata. Wisata hemat bukan menjadi wisata yang tidak menyenangkan karena harus berhemat melainkan untuk meminimalisir biaya yang dikeluarkan tetapi juga menyenangkan. Bagi Anda yang ingin berhemat dalam berwisata, silahkan ikuti pembahasan berikut ini!

Tips Liburan Hemat

Berikut Tips Liburan Hemat yang Perlu Diperhatikan

Melakukan Survei Terlebih Dahulu

Bagi Anda yang ingin berwisata di luar daerah sebaiknya untuk melakukan survey jauh-jauh hari mengenai lokasi wisata yang Anda kunjungi. Adapun informasi yang bisa Anda dapatkan melalui media internet atau melalui buku tentang tempat wisata. Selain itu hal yang perlu Anda ketahui adalah biaya masuk wisata, biaya transportasi, dan daftar penginapan murah. Sangat penting juga untuk mengatahui diskon atau potongan harga mengenai hal-hal tersebut. Dengan adanya diskon maka biaya yang dikeluarkan lebih hemat.

Menghindari Musim Liburan

Tips liburan hemat selanjutnya adalah hindari musim liburan. Melakukan wisata disaat liburan biasanya akan membutuhkan biaya lebih dibandingkan dengan hari biasanya. Nah bagi Anda yang ingin sedikit berhemat saat berwisata, sebaiknya mencari jadwal bukan saat musim liburan. Pada musim tersebut Anda akan lebih menyenangkan dalam menikmati waktu liburan Anda, karena tempat liburan lebih tenang dan tidak ramai terutama untuk liburan di alam yang terbuka. Suasana alam yang damai tanpa keramaian akan menenangkan pikiran yang telah terbebani karena aktivitas harian.

Berlibur Bersama Keluarga atau Teman

Berlibur bersama keluarga atau teman menjadi tips liburan hemat selanjutnya. Pasalnya ketika berlibur bersama-sama akan mengurangi biaya yang dikeluarkan. Selain itu jika bersama-sama juga akan terasa lebih menyenangkan. Berlibur bersama keluarga atau teman dapat menghemat biaya seperti penyewaan mobil sebagai transportasi jika dibutuhkan, biaya menginap tentunya, atau juga biaya untuk fasilitas wisata.

Berpikir untuk Berwisata

Tujuan Anda berwisata adalah untuk menikmati pemandangan atau wahana yang tersedia. Namun ketika orang berwisata tentu identik dengan belanja souvenir atau yang menjadi ciri khas dari daerah tersebut. Untuk itu sebaiknya diutamakan untuk menikmati wisata terlebih dahulu, barulah untuk belanja ketika terdapat waktu luang. Untuk berbelanja Anda dapat mengunjungi tempat pembuatan cindera mata secara langsung jika ada, karena pada umumnya harga lebih murah ketimbang sudah masuk di toko souvenir.

Membawa Uang Cash

Untuk yang satu ini jangan sampai lupa yaitu membawa uang cash. Dengan adanya uang cash lebih simpel dan lebih mudah ketika sedang berlibur. Hal ini untuk mencegah ketika kartu kredit diblokir, sehingga memiliki alternatif lain untuk bertransaksi. Tetapi Anda perlu berhati-hati jika membawa uang cash kemanapun Anda pergi. Di sisi lain dengan adanya uang cash, Anda akan berpikir ulang ketika berbelanja lebih berbeda dengan kartu kredit yang tinggal gesek.

Demikian tadi pembahasan mengenai tips liburan hemat yang perlu Anda perhatikan. Baca juga artikel menarik lainnya mengenai Tips liburan hemat ke Malaysia.