Tips Lari Pagi yang Baik dan Benar

By Categories : Kesehatan

Jika kita rajin untuk lari pagi, dengan maksud tertentu, semisal ingin menurunkan berat badan tetapi tidak ada perubahan, berarti ada yang salah dengan cara anda berlari. Lari pagi yang baik merupakan salah satu dari latihan kardio yang sangat mudah untuk dilakukan, dan tidak terlalu memakan banyak biaya tetapi membuahkan hasil yang memuaskan. Dengan usaha yang tidak terlalu berlebihan, jika anda lari pagi yang baik secara rutin selama satu minggu, maka akan ada perubahan saat anda menimbang kembali menimbang berat badan anda, tentunya jarum di timbangan lebih bergeser ke kiri. Inilah tips lari pagi yang baik dan benar yang efektif untuk menurunkan berat badan.

  1. Pakailah sepatu olahraga : Mungkin ini adalah hal yang sepele, akan tetapi ini juga sering disepelekan. Karena jika kita berlari tidak menggunakan sepatu lari, makan bisa – bisa kaki anda menjadi terasa berat dan bisa berakibat cidera. Kenapa menggunakan sepatu lari ? karena memang sepatu lari khusus dibuat untuk berlari. Jadi saat anda bergerak / berlari maka kemungkinan untuk cidera bisa berkurang karena menggunakan sepatu lari.tips lari pagi yang baik dan benar
  2. Memilih outfit : hal yang satu ini juga jangan lupa untuk anda pertimbangkan. Karena outfit yang akan anda gunakan untuk jogging tentunya harus nyaman serta dapat menyerap keringat. Dan jangan menggunakan pakaian yang bisa membuat anda kepanasan sehingga bisa menurunkan semangat berlatih anda.
  3. Menapakkan kaki : Posisi berlari saat berlari juga perlu diperhatikan. Yaitu agar saat berlari kita tidak mudah lelah. Yaitu dengan cara setengah berjinjit. Jadi seluruh telapak kaki tidak sepenuhnya menyentuh tanah, hanya ujung kaki saja. Cara ini sangat efektif untuk membuat anda tidak cepat lelah.
  4. Pengaturan nafas : Pengaturan nafas juga sangat penting, agar tidak cepat lelah. Semisal anda membuat hitungan 1 – 8, pada hitungan ke 1 – 3 anda menarik nafas, lalu hembuskan ke detik ke 4. Dan pada detik ke 5 – 7 menarik nafas kembali dan menghembuskannya ke detik ke 8 dan ulang terus. Dan sebaiknya anda menarik nafas dan menghembuskannya melalui hidung.
  5. Waktu : jika anda berlari pagi, jangan hanya berlari sekitar 10 – 15 menit saja. Sedangkan waktu yang efektif untuk melakukan pembakaran yaitu sekitar 45, dengan cara berlari konstan.
  6. Melakukan rileksasi pada kaki : Setelah melakukan jogging, janganlah langsung duduk ataupun bersila. Akan tatapi tetaplah berjalan ringan setidaknya sampan 5 – 10 menit, dan minumlah setidaknya dua gelas air putih. Lalu anda bisa mandi dengan air hangat agar otot – otot anda rileks.

Mudah bukan menerapkan tips lari pagi yang baik, hanya dengan berlari dan tidak memakan biaya banyak, anda dapat menurunkan berat badan anda. Jika anda melakukannya 3 – 4 kali dalam seminggu maka akan membuahkan hasil bagi anda.

terms: tips lari pagi, cara lari pagi yang benar, lari pagi yang benar, waktu yang tepat untuk lari pagi, lari pagi yang baik