Tips Kesehatan Gigi dan Mulut

By Categories : Kesehatan

Menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting untuk dilakukan oleh setiap orang. Karena jika tidak merawatnya maka berbagai masalah kesehatan mengenai gigi dan mulut kerap menghampiri secara tiba-tiba. Misal saja seperti gigi sakit yang tentu sangat mengganggu, gusi bengkak, bau mulut, dan lain sebagainya.

Semua hal tersebut sangat mengganggu, apalagi bau mulut yang dapat membuat diri kita merasa kurang percaya diri ketika berhadapan dengan orang lain. Lalu pertanyaannya apakah untuk merawat gigi dan mulut memperlukan biaya yang sangat mahal? Jika Anda memperhatikan cara yang benar dan sederhana maka perawatan tersebut tidak mengeluarkan banyak biaya.

Nah berikut ini adalah pembahasan mengenai tips kesehatan gigi dan mulut yang dapat menjadi referensi Anda dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Tips Kesehatan Gigi dan Mulut

Tips Kesehatan Gigi dan Mulut

Menghindari Kopi, Teh, serta Alkohol Berlebih

Kopi dan teh sebenarnya minuman yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun semua itu perlu Anda perhatikan lebih jauh lagi. Konsumsi minuman seperti teh dan kopi secukupnya dan jangan terlalu berlebihan. Jika dikonsumsi secara berlebih maka kesehatan gigi dapat terancam, selain itu tidak baik juga untuk lambung. Sementara untuk alkohol sebaiknya Anda menghindarinya, karena alkohol sangat tidak baik untuk tubuh terutama dapat merusak organ ginjal dan dapat menyebabkan bau mulut dan mulut kering (Baca Juga Cara Menjaga Kesehatan Ginjal).

Rajin Dalam Membersihkan Gigi

Jika Anda menginginkan gigi yang sehat maka Anda perlu rajin untuk membersihkan gigi Anda, Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah dengan menyikat gigi secara rutin dan ditambah dengan bantuan berkumur menggunakan obat kumur yang aman. Menyikat gigi yang benar sebaiknya Anda lakukan minimal 2 kali sehari. Hal ini dapat membantu kesehatan gigi Anda sekaligus kesehatan mulut secara keseluruhan.

Mengkonsumsi Buah-Buahan

Tips kesehatan gigi dan mulut yang berikutnya adalah dengan cara mengkonsumsi buah-buahan secara rutin. Buah mengandung banyak vitamin, serat, dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan salah satunya adalah menjaga kesehatan gigi beserta mulut. Kandungan serat dalam buah menjadikan obat sikat gigi alami yang mampu mengusir bakteri dari dalam mulut. Sementara itu vitamin C yang terdapat pada buah jeruk, jambu biji, dan buah lainnya mampu memperkuat gusi, dan menghindarkan dari sariawan.

Menggunakan Air Lemon

Air jeruk lemon tentu sudah banyak orang yang mendengarnya. Air jeruk lemon ini mengandung asam sitrat yang dapat membuat gigi Anda terlihat lebih berkilau putih. Untuk mendapatkan khasiat secara maksimal, alangkah baiknya Anda menyikat gigi dengan menggunakan air lemon yang sudah dicampurkan dengan garam secukupnya.

Mengkonsumsi Sayuran

Tidak hanya buah-buahan saja yang turut berperan dalam membantu kesehatan gigi dan mulut, ternyata dengan mengkonsumsi sayur-sayuran juga mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sayuran yang mengandung serat alami mampu membersihkan gigi dari sisa makanan yang menempel. Selain itu sayuran yang mengandung vitamin A mampu membantu dalam pembentukan lapisan email pada gigi.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai tips kesehatan gigi dan mulut yang dapat Anda praktekkan di rumah untuk menghindari berbagai penyakit seputar gigi dan mulut. Sekian dan semoga bermanfaat, baca juga artikel Buah-Buahan Untuk Diet