Tips Jitu Berhenti Merokok yang Perlu Anda Ketahui

By Categories : Tips

Merokok sudah menjadi kebutuhan utama bagi kebanyakan orang. Efek dari merokok memang tidak dirasakan dalam jangka waktu cepat, melainkan dalam jangka waktu yang lama. Efek-efek negatif tersebut tidak bisa dianggap remeh, karena mengakibatkan resiko terkena penyakit berbahaya. Penyakit-penyakit tersebut di antaranya seperti serangan jantung, gangguan kehamilan pada wanita, penyakit kanker, dan banyak lagi. Selainn itu kebiasaan merokok dapat menyebabkan kulit wajah kusut dan bibir menghitam.

Tips Jitu Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok sebenarnya dapat dihilangkan meskipun mereka sudah menjadi pecandu dalam waktu yang lama. Keinginan yang kuat menjadi salah satu kunci besar dalam menghilangkan kebiasaan tersebut. Nah bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana saja tips jitu berhenti merokok, silahkan simak pembahasannya yang satu ini!

Berikut Beberapa Tips Jitu Berhenti Merokok

Dengan Tekad yang Kuat

Untuk berhenti merokok Anda perlu memiliki tekad yang kuat dan alasan mengapa Anda berhenti untuk merokok. Jika alasan utama adalah masalah kesehatan, maka Anda harus bertindak lebih untuk melaksanakannya. Dengan alasan-alasan yang kuat, maka bukan tidak mungkin Anda bisa berhenti merokok. Jangan terlalu banyak berpikir mengenai alasannya, namun segera lakukan dengan tekad yang kuat untuk berhenti.

Mencari Pengganti Rokok

Bagi pecandu rokok mungkin susah untuk berhenti merokok secara cepat. Dibutuhkan waktu tertentu untuk agar berhenti merokok. Mencari pengganti rokok merupakan salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan bagi para pecandu. Untuk membantu menghilangkan kebiasaan merokok dari pikiran, coba menggantinya dengan permen.

Berpikir Positif

Berpikir positif menjadi cara berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk berhenti merokok. Percaya bahwa diri Anda bisa untuk berhenti secara permanen meskipun membutuhkan waktu yang agak lama. Usahakan untuk berhenti secara perlahan dengan adanya pikiran negatif. Cara lain adalah dengan berpikir positif menggunakan uang untuk membeli benda kesukaan lainnya selain membeli rokok.

Mendapatkan Dukungan dari Teman dan Keluarga

Mendapat dukungan dan masukan dari teman beserta keluarga merupakan tips jituĀ berhenti merokok selanjutnya. Anda dapat membicarakan niat Anda untuk berhenti merokok kepada teman atau keluarga Anda. Apalagi jika keluarga Anda anti akan rokok yang akan mendukung Anda dalam proses berhenti untuk merokok.

Mencari Kegiatan yang Menyibukkan

Mencari kegiatan yang menyibukkan menjadi alternatif lainnya yang bisa Anda lakukan untuk berhenti merokok. Mencari kesibukan yang dimaksud seperti berolahraga, bekerja, atau belajar. Dengan cara-cara tersebut membuat Anda lupa akan merokok. Selain itu berpikir untuk menjauhi rokok secara perlahan-lahan.

Mencukupi Minum Air Putih

Tips jitu berhenti merokok yang terakhir adalah mencoba mencukupi minum air putih. Dengan ini dapat membantu menghilangkan racun yang ditimbulkan dari merokok. Selain itu minum air putih juga dapat membantu untuk mengurangi rasa kecanduan dari merokok. Minum air putih pada normalnya 8 gelas sehari.

Nah itulah beberapa tips jitu berhenti merokok yang bisa Anda ketahui. Yang terpenting untuk berhenti merokok adalah dengan memiliki tekad yang kuat dan pikiran positif serta optimis. Baca juga Manfaat renang untuk kesehatan tubuh.