Tips Hemat BBM

By Categories : Tips

Kenaikan harga BBM memang seringkali menimbulkan pro dan kontra. Pro-nya adalah alasan bahwa dengan kenaikan BBM tersebut dapat mengurangi beban negara. Sedangkan bagi yang kontra adalah masalahnya dengan naiknya harga BBM maka biasanya akan diiringi dengan kenaikan hal-hal yang lainnya. Selain tentu saja biaya transportasi yang menjadi lebih mahal. Lalu apa yang harus kita lakukan? Salah satu jawaban yang tepat adalah melakukan penghematan BBM untuk menekan biaya yang kita perlukan. Simak ulasan berikut!

Tips Hemat BBM

Cara Menghemat BBM

  1. Tips hemat BBM yang pertama adalah selalu gunakan kendaraan Anda dengan bijak. Anda harus dapat bijaksana dalam menentukan kapan harus menggunakan kendaraan bermotor dan kapan waktu yang tidak perlu untuk menggunakannya. Misalkan ketika Anda hanya bepergian berdua dengan pasangan Anda tanpa membawa barang yang banyak, maka sebaiknya Anda menggunakan sepeda motor saja karena tentu aka jauh lebih hemat daripada saat anda menggunakan mobil, bukan?
  2. Hindari daerah yang rawan macet. Saat Anda mengendarai kendaraan di jalan yang sering macet, maka hal itu sebenarnya merupakan sebuah pemborosan BBM karenanya Anda perlu menghindari daerah-daerah yang semacam ini.
  3. Tips hemat BBM yang ketiga adalah efisienkan penggunaan fasilitas tambahan dalam kendaraan semisal AC, DVD atau yang lainnya. Penggunaan fasilitas tambahan tersebut terutama dalam mobil, tentu akan berpengaruh pada bahan bakar. Jadi gunakan jika memang Anda memerlukannya saja dan jika tidak maka lebih baik anda matikan.
  4. Menjaga perawatan kendaraan secara rutin. Salah satu penyebab sebuah kendaraan bermotor menjadi boros adalah penggunaan yang tidak sesuai ketentuan dan perawatan yang kurang jadi sebaiknya untuk urusan perawatan ini tidak Anda abaikan agar kendaraan bermotor yang Anda miliki terasa lebih hemat dan sesuai dengan prosedur penggunaan yang benar sehingga tentu akan terhindar pula dari berbagai macam kerusakan yang mungkin terjadi.
  5. Tambahan cairan penghemat BBM. Saat ini banyak beredar di pasaran, produk-produk cairan penghemat BBM. Dengan cairan ini selain akan membuat kendaraan yang Anda miliki melaju dengan lebih ringan, juga akan menghemat pembakaran BBM pada kendaraan Anda. Namun, di sini yang perlu Anda cermati adalah bahwa Anda harus memastikan kecocokan dan keaslian produk tersebut sebelum Anda gunakan pada kendaraan. Anda perlu melakukan percobaan. Karena kalau tidak, maka bisa jadi dengan menggunakan cairan penghemat BBM palsu justru akan merusak kendaraan Anda.
  6. Pemanasan yang terlalu lama membuat boros BBM. Memanasi kendaraan sebelum digunakan merupakan hal wajib yang harus kita lakukan sebelum membawa kendaraan kita untuk bepergian. Namun demikian, sebaiknya sesuai dengan prosedur bahwa pemanasan tersebut cukup lah kita lakukan selama dua atau tiga menit saja. Jangan terlalu lama karena justru akan memboroskan penggunaan bahan bakar minyak di kendaraan Anda.

Demikianlah yang dapat saya jabarkan kali ini, semoga dengannya dapat memberikan banyak manfaatnya bagi Anda semua. Sampai jumpa di pertemuan menarik pada ulasan yang selanjutnya!

Loading...