Tips Diet Sehat bagi Penderita Maag

By Categories : Kesehatan, Tips

Setiap wanita pasti menginginkan wajah yang putih, bersih serta  berat badan yang ideal. Salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang ideal adalah dengan cara melakukan diet. Seperti yang Anda ketahui diet biasanya dilakukan dengan cara  mengubah pola makanan dan asupan makanan yang dikonsumsi. Akan tetapi bagaimana untuk penderita maag? Seseorang yang ingin berdiet akan tetapi menderita penyakit maag, pastinya mereka akan khawatir jika penyakit mereka akan kambuh ditengah-tengah program diet yang mereka lakukan.

Tips Diet Sehat

Namun Anda jangan khawatir,  diet untuk pendeita maag pada umumnya hampir sama dengan diet yang biasa dilakukan setiap orang.  Yang membedakan adalah, seorang penderita maag yang berdiet harus memiliki pikiran positif tentang apa yang akan dilakukannya. Hal ini dikarenakan salah satu penyebab orang terkena sakit maag  saat menjalani program diet adalah pikiran mereka sendiri, yaitu mereka merasa takut tidak berhasil melakukan hal tersebut.

Oleh karena itu, sebalum Anda berdiet, Anda harus mengubah pola pikir tersebut. Lalu bagaimana Tips diet sehat bagi penderita maag? Berikut ulasannya!

Cara diet sehat untuk penderita maag

Membuat jadwal  makan

Tips diet sehat untuk penderita maag yang pertama adalah membuat jadwal  serta mengatur pola makan secara teratur. Bagi penderita maag, Anda dapat makan selama tiga jam sekali. Akan tetapi makanan yang dikonsumsi dengan jumlah atau porsi yang kecil. Hal ini berguna agar maag Anda tidak kambuh karena perut yang kosong. Seperti yang Anda ketahui perut yang dibiarkan kosong terlalu lama dapat menyebabkan naiknya asam lambung.

Menghindari makanan penyebab asam lambung

Cara yang kedua adalah dengan cara menghindari makanan yang dapat menyebabkan asam lambung. Jika Anda memaksakan diri untuk megonsumsi makanan tersebut pastinya ini akan membuat asam lambung semakin meningkat. Makanan penyebab asam lambung yang sebaiknya Anda hindari adalah durian, kol, sawi, kopi, minuman beralkohol, nangka, makanan pedas dan juga keju. Sedangkan makanan untuk penderita asam lambung yang bisa dikonsumsi adalah bubur atau buah pisang.

Olahraga teratur dan minum air putih

Saat melakukan diet, olahraga teratur dan minum air putih adalah hal yang tidak boleh Anda lupakan. Tak harus berolahraga yang terlalu berat Anda dapat berolahraga ringan seperti jalan-jalan, jogging, bersepeda dan olahraga lainnya. dan jangan lupa untuk selalu minum air putih secara teratur, yaitu 8 gelas dalam setiap harinya.

Mengonsumsi obat maag

Tips diet sehat bagi penderita maag selanjutnya adalah dengan mengonsumsi obat maag. Akan tetapi sebelum Anda mengonsumsinya, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mana obat maag yang tepat dan aman untuk digunakan ketika berdiet.

Demikianlah ulasan tentang tips diet sehat bagi penderita maag yang dapat Anda coba. Baca juga artikel tentang Tips sehat berpuasa untuk penderita maag.