Tips Berwisata ke Solo yang Perlu Diketahui Jika Ingin Berwisata ke Sana

By Categories : Tips

Tips berwisata ke Solo sangat penting diketahui oleh semua traveller yang ingin berkunjung ke Solo. Sebab hal ini bertujuan agar perjalanan wisata Anda menyenangkan dan tak terlupakan. Nah apakah Anda memiliki tujuan wisata ke sana? Jika iya, simak saja ulasan berikut ini. Sebab kali ini akan membahas mengenai tips yang tepat ketika berwisata ke Kota Solo.

Siapa yang tidak kenal Solo? Hampir semua orang pasti sudah mengetahui dan bahkan sering berkunjung ke sini. Ya, Solo memang memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri bagi setiap orang. Mulai dari tempat wisatanya, makanan khas dan kebudayaan yang mengakar di sana.

Bagi seseorang yang sering berkunjung ke Solo mungkin ia tidak membutuhkan tips dan trik untuk bisa menikmati liburan mereka. Namun bagaimana dengan mereka yang baru pertama kali pergi ke Solo? Mereka mungkin sangat membutuhkan tips yang bisa dijadikan pedoman selama berlibur ke sana.

Nah Anda tak perlu khawatir, berikut adalah tips yang bisa diterapkan ketika ingin berkunjung ke Solo.tips-berwisata-ke-solo

Inilah Tips Berwisata ke Solo yang Perlu Diketahui

Memilih Tempat Wisata di Solo

Sebenarnya ada banyak sekali tempat wisata di Solo yang bisa Anda kunjungi, salah satunya yaitu Keraton Kasunanan. Namun jika dipikir-pikir bukanlah tempat wisata itu sudah biasa? Oleh karena itu tak ada salahnya jika Anda melakukan kegiatan lain ketika pergi ke Solo, seperti berkeliling naik sepeda di Kota Solo dan Kabupaten Sukoharjo.

Wisata seperti itu tentu saja lebih berkesan dan lebih menyenangkan. Jika belum mengetahui jalur yang akan ditempuh, Anda bisa mengikuti paket wisata khusus bersepeda. Mengikuti paket ini pastinya juga akan lebih menyenangkan karena Anda akan diajak di tempat-tempat menarik yang ada di sana.

Memilih Transportasi yang Ada

Untuk transportasinya sendiri juga ada beberapa pilihan, seperti pesawat, bus ataupun kereta api. Jika tertarik untuk menggunakan kereta api Anda bisa memilih Argo Lawu, Bima, Dwipangga dan Gajayana. Anda bisa menyesuaikan jenis kereta dengan budget yang Anda anggarkan.

Pilih Penginapan Terbaik

Tips selanjutnya adalah dengan memilih penginapan terbaik dengan harga miring. Bagi Anda yang backpacker penginapan mewah bukanlah yang utama. Bagi seorang backpacker memiliki penginapan yang nyaman dan aman sudah lebih dari cukup. Oleh karena itu, jika ingin berkunjung ke Solo pastikan Anda sudah membooking hotel ataupun penginapan. Jika ingin liburan lebih berkesan, tak ada salahnya untuk mencoba menginap di hotel strategis di dekat pusat keramaian kota Solo.

Yaitu hotel Red Planet Hotel Solo. Jika tertarik menginap di sini Anda harus mengeluarkan budget sekitar Rp 270.000 per malam. Harga tersebut sudah termasuk sarapan pagi. Bagaimana? Cukup terjangkau bukan?

Memilih Waktu Terbaik

Tips Berwisata ke Solo selanjutnya adalah dengan memilih waktu terbaik. Bagi para wisatawan, Anda tak perlu khawatir, sebab semua wisata di Solo bisa dikunjungi sepanjang waktu. Tak hanya itu saja, Kota Solo juga memiliki acara-acara yang bisa dinikmati oleh para wisatan saat berkunjung. Dan biasanya, acara-acara tersebut diselenggarakan setiap hari Minggu. Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi Solo?

Jangan Lupa Wisata Kuliner

Tak hanya memiliki tempat wisata yang menarik saja, Solo juga memiliki beberapa makanan khas yang bisa Anda nikmati ketika berkunjung ke sana. Makanan khas Solo identik dengan rasa pedas, manis, asam dan asin. Jika Anda pergi ke Pasar Gede Hardjonagoro, Anda bisa menikmati makanan khas Solo seperti nasi tumpang, es dawet telasih, brambang asem dan lenjongan.

Dalam semangkuk es dawet tradisional Solo, Anda akan menjumpai beberapa bahan seperti tape ketan, ketan hitam, biji telasih, cairan gula, jenang sumsum dan juga santan kelapa. Jika ingin merasakan es dawet yang menyegarkan Anda bisa menambahkannya dengansedikit es batu.

Sedangkan nasi tumpang biasanya disajikan dengan tambahan tahu putih dan daun bayam rebus. Tempe yang telah diolah pun akan disiramkan di atas daun bayam serta tahu rebus. Pastinya rasanya sangat lezat bukan?

Jangan Lupa Beli Oleh-oleh

Jika sudah waktunya untuk pulang, jangan lupa membeli oleh-oleh khas Solo untuk saudara atau teman di rumah. Beberapa oleh-oleh khas Solo yang sering di beli para pengunjung yaitu dodol, ampyang jahe, dodol, gemplak, keripik bayam, enting-enting kacang, keripik tempe sagu, belut goreng, onde-onde dan lainnya.

Jika ingin mencari batik, jangan sungkan untuk berkunjung ke Pasar Klewer Sementara. Di sana Anda bisa menemukan batik hingga oleh-oleh yang Anda inginkan.

Baca juga tempat nongkrong di Solo yang seru dan romantis untuk malam mingguan

Nah itulah beberapa tips berwisata ke Solo yang perlu Anda ketahui jika ingin berkunjung ke Solo.

loading...