Tips Berkendara Saat Hujan

By Categories : Tips

Berkendara saat hujan memang seringkali membuat kita merasa harus lebih berhati-hati dari pada saat cuaca cerah. Nah, berikut saya akan menghadirkan beberapa tipsnya untuk Anda. Sehingga Anda wajib membacanya dengan seksama!Tips Berkendara Saat Hujan

Tips Saat Berkendara di Musim Hujan

  1. Perhatikan selalu tentang kondisi ban. Tips berkendara saat hujan yang pertama adalah tentang pemeriksaan ban pada Anda yang menggunakan sepeda motor. Mengapa harus memperhatikan ban? Karena ban merupakan salah satu bagian di sepeda motor yang memiliki peranan yang sangat intim. Perlu untuk Anda cermati bahwa ban yang telah aus atau permukaannya telah licin atau gundul sangat rentan menimbulkan masalah berupa kecelakaan saat berkendara terutama di musim hujan. Hal ini karena fungsi utama dari adanya pola atau alur di dalam ban adalah untuk mengalirkan air yang ada saat anda melewati genangan di jalan raya. Jika alur ini sudah habis maka air tidak teralirkan dan permukaan ban akan tertarik atau naik ke atas. Akibatnya sepeda motor menjadi tergelincir dan kecelakaan pun tidak dapat terhindari.
  2. Periksa selalu sistem pemasukan bahan bakar dan karburator. Dua hal ini merupakan yang sering bermasalah ketika musim hujan tiba. Misalkan saja yang sering terjadi adalah bahan bakar tersendat karena kemasukan air dan menyebabkan sepeda motor menjadi mogok. Apa yang harus dilakukan? Sebaiknya kita melakukan perawatan secara berkala untuk mengatasi masalah ini.
  3. Saat musim hujan segala sesuatu menjadi lebih licin dari biasanya termasuk permukaan-permukaan yang terdapat di sepeda motor. Karena itu tips berkendara saat hujan yang selanjutnya adalah menyarankan kepada Anda sekalian untuk selalu mengamati atau mensimulasi rem kendaraan sebelum mengendarainya. Hal ini jelas penting untuk anda cermati karena dengan licinnya jalanan membuat rem menjadi penyelamat penting agar sepeda motor tidak tergelincir. Sebaiknya pula Anda mengganti kanvas rem yang anda miliki dengan segera jika memang Anda telah mendengar bunyi berdecit atau berdesing dari cakram.
  4. Pada saat Anda berkendara maka pastikan anda menggunakan helm yang aman dan memiliki kaca pelindung yang bersih. Hal ini penting untuk selalu kita lakukan agar nantinya ketika kita berkendara, ketika hujan turun, wajah kita dapat terlindungi dari air sehingga pandangan kita tidak terganggu atau paling tidak kita dapat tetap fokus selama berkendara. Selain itu demi keamanan saat berkendara tetaplah Anda wajib mematuhi standar helm yang ditentukan untuk keamanan berkendara.
  5. Biasanya, kita menggunakan jas hujan untuk bepergian ke suatu tempat saat hujan. Sebaiknya Anda memilih jas hujan yang memiliki ukuran yang sesuai untuk Anda dan tidak terlalu besar. Alangkah lebih baik jika jas hujan tersebut berbentuk baju dari pada jas lebar atau jas ‘batman’. Ini bertujuan agar lebih aman dan nyaman pada saat Anda mengendarai sepeda motor Anda.

Demikianlah beberapa tips yang dapat saya berikan kepada Anda. Semoga dengannya yang saya sampaikan dapat memberikan banyak manfaat.

Loading...
terms: hal yg harus diperhatikan jika Mengendarai Motor saat cuaca hujan