Tips Belanja Hemat Menjelang Lebaran

By Categories : Tips

Menjelang lebaran, setiap orang mulai menyiapkan berbagai macam kebutuhan mulai dari membeli kue-kue lebaran, membeli baju dan juga menyiapkan parsel-parsel cantik. Pada saat leberan tiba semua pusat perbelanjaan tentunya sedang berada di puncak, di mana tempat tersebut akan dipenuhi oleh konsumen. Oleh karena itu jangan heran jika harga dari bahan pokok, makanan sampai pakaian pun akan meningkat drastis. Sehingga sebelum membeli perlengkapan dan peralatan untuk lebaran Anda harus mengatur keuangan dengan cermat.

Tips Belanja Hemat Menjelang Lebaran

Berikut Tips Belanja Hemat yang Harus Diperhatikan

Tentukan Dana yang Dianggarkan

Tips belanja hemat yang pertama adalah menentukan dana. Dalam berbelanja salah satu hal yang paling penting untuk disiapkan adalah anggaran dana. Seperti yang Anda ketahui para wanita saat berbelanja akan menjadi lapar mata dan tentunya dapat menguras isi dompet. Jika Anda tak ingin hal ini terjadi sebaiknya Anda mulai menentukan dana yang akan dianggarkan tanpa menguras tabungan Anda dan tentunya tanpa berhutang.

Buat Daftar Prioritas

Tips kedua untuk belanja hemat menjelang lebaran adalah membuat datar prioritas. Caranya susunlah barang yang paling Anda butuhkan dalam catatan kecil. Hal ini bertujuan agar segala sesuatu yang Anda beli merupakan suatu kebutuhan dan bermanfaat untuk digunakan meskipun setelah lebaran. Tak hanya itu, hal ini juga dapat menekan anggaran belanja Anda.

Perhatikan kualitas barang

Saat berbelanja kualitas merupakan hal utama yang harus Anda prioritaskan. Barang mahal tidak menjamin kualitas yang baik dan begitupun sebaliknya. Jika Anda ingin berbelanja fashion kenyamanan saat digunakan adalah hal yang harus Anda utamakan. Namun jika Anda ingin membeli kue lebaran, pastikan Anda melihat tanggal kadaluarsa untuk menghindari hal-hal yang tidak Anda inginkan.

Kenali Tempat Belanja Murah

Tips belanja hemat yang selanjutnya adalah belanja di tempat yang menawarkan harga lebih murah. Seperti yang Anda ketahui saat menjelang lebaran banyak supermarket dan tempat perbelanjaan lainnya berlomba-lomba untuk memberikan potongan harga atau diskon. Namun sebaiknya Anda jangan sampai tergiur dengan diskon tersebut. Biasanya harga barang-barang yang didiskon akan dinaikkan terlebih dahulu kemudian didiskon. Sehingga jatuh harganya pun sama seperti harga barang tersebut. Namun jika Anda sudah mengetahui harga pasar barang tersebut yang sebenarnya Anda dapat mempertimbangkannya. Sehingga Anda dapat berhemat sedikit.

Buat Kue Lebaran Sendiri

Jika Anda merupakan salah satu orang yang gemar membuat aneka kue kering dan nastar, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah untuk lebaran. Selain hiegienis, enak dan halal kue buatan sendiri pun memiliki harga yang tak terlalu mahal. Karena Anda hanya bermodalkan bahan-bahan dan tentunya memiliki harga yang terjangkau daripada harus membeli kue jadi di swalayan ataupun supermarket.

Nah itulah beberapa tips belanja hemat menjelang lebaran yang dapat Anda coba.