Tips Belajar Bahasa Jepang untuk Pemula

By Categories : Pendidikan

Untuk belajar bahasa Jepang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, membutuhkan waktu dan ketekunan dalam mempelajarinya. Secara umum seperti belajar bahasa Korea, dalam mempelajari bahasa Jepang tidak hanya ucapan saja melainkan juga belajar tulisan Jepang. Seperti yang kita ketahui bahwa masyarakat Jepang rata-rata lebih banyak menggunakan bahasa Jepang, meskipun tak banyak juga yang menggunakan bahasa Internasional seperti bahasa Inggris. Nah bagi Anda yang ingin bepergian ke Jepang, ingin bekerja di sana, ataupun pecinta Jepang yang ingin mempelajari bahasa Jepang, di bawah ini terdapat beberapa tips belajar bahasa Jepang yang perlu diperhatikan terutama bagi para pemula.

Tips Belajar Bahasa Jepang untuk Pemula

Berikut Tips Belajar Bahasa Jepang yang Perlu Diperhatikan

Banyak mendengarkan Lagu Jepang

Seperti halnya dengan belajar bahasa Inggris, belajar bahasa Jepang juga bisa melalui mendengarkan musik Jepang. Selain mendengarkan lagu Jepang, Anda juga bisa belajar dari Drama Jepang. Dengarkan kata-kata atupun lirik dari lagu atau drama Jepang. Dengan seiringnya waktu tahap ini dapat membantu Anda secara tidak langsung dalam proses belajar bahasa Jepang.

Mengikuti Kursus Bahasa Jepang

Tips belajar bahasa Jepang berikutnya adalah dengan mengikuti kursus bahasa Jepang. Dengan mengikuti kursus bahasa Jepang tentu akan sangat membantu Anda dalam memahami dan mengetahui bahasa Jepang. Namun Anda sebaiknya tidak mengandalkan kursus saja, melainkan juga mendalaminya dalam kehidupan sehari-hari entah tulisan serta pengucapan bahasa Jepang.

Mengikuti Komunitas Bahasa Jepang

Tips berikutnya adalah dengan mengikuti komunitas bahasa Jepang. Saat ini sudah banyak komunitas seperti komunitas Korea, komunitas Jepang, dan banyak lagi. Dengan mengikuti komunitas bahasa Jepang, Anda akan berkumpul dengan teman-teman lain yang juga sedang belajar bahasa Jepang. Keuntungan yang diambil dalam mengikuti komunitas bahasa Jepang ialah dapat praktek langsung berbicara bahkan sampai dengan menulis.

Rajin Berlatih dalam Menulis Huruf Jepang

Tips berikutnya adalah dengan rajin berlatih dalam menulis huruf bahasa jepang. Tidak hanya pengucapan saja yang perlu diasah dalam proses belajar bahasa Jepang, melainkan juga proses menulis huruf Jepang. Dalam proses belajar menulis huruf Jepang sebaiknya Anda mengetahui huruf sederhana yang disebut Katakana dan Hiragana. Anda perlu belajar menulis satu persatu terlebih dahulu huruf Katakana, setelah lancar barulah ganti huruf Hiragana. Sementara untuk huruf Kanji sangat disarankan bagi Anda yang sudah mahir huruf Katakana dan Hiragana.

Memperbanyak Kosakata

Tips belajar yang selanjutnya dalam belajar bahasa Jepang adalah dengan memperbanyak kosakata yang ada di dalam bahasa Jepang. Untuk langkah dasar Anda perlu mengetahui ucapan dasar paling mudah seperti perkenalan, nomor, serta kosa kata lainnya. Dalam langkah ini penulisan, berkata, dan membaca jadi satu. Lupakan dulu tentang tata bahasa Jepang, karena tahap awal ini perlu dipelajari. Setelah hafal mulai dari Katakana, Hiragana, dan berbagai kosakata barulah mempelajari tata bahasa atau Japanese Grammar agar lebih sopan dan baik dalam berbicara bahasa Jepang.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa tips belajar bahasa Jepang untuk pemula yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel mengenai Daftar makanan khas Jepang yang mendunia.