Tips Backpacker ke Gunung Bromo

By Categories : Wisata

Gunung Bromo merupakan salah satu gunung di Indonesia yang terletak di antara Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Pasuruan. Dengan begitu tempat ini mudah diakses dari penjuru Jawa Timur.

Gunung Bromo kerap dijadikan sebagai tujuan wisata bagi kalangan pecinta alam. Backpacker ke Bromo menjadi tujuan utama bagi Anda yang memiliki dana terbatas. Sebelum melakukan backpacking ke Bromo, alangkah baiknya mengetahui beberapa tips backpacker. Di bawah ini terdapat beberapa informasi seputar tips backpacker ke gunung Bromo, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini!

backpacker gunung bromo

Tips backpacker ke Gunung Bromo yang perlu Anda ketahui

Menentukan Terlebih Dahulu dari mana Anda Berangkat

Tempat berangkat menjadi hal penting untuk menentukan biaya yang dikeluarkan. Misal saja Anda berangkat dari Surabaya atau tempat yang lebih jauh. Tentu saja biaya yang dikeluarkan tidaklah murah. Oleh sebab itu untuk mengatasi hal tersebut, para backpacker sebaiknya mengerti terlebih dahulu rute yang ditempuh. Jika Anda berangkat dari kota yang agak jauh bisa menggunakan bus, atau juga kereta api dengan variasi kelas yang bisa dipilih.

Menentukan Tempat Transit

Tips backpacker ke Gunung Bromo berikutnya adalah dengan memilih tempat transit. Seperti penjelasan di atas bahwa Bromo terletak di antara 4 Kabupaten maka sebaiknya Anda memilih tempat transit di sekitar Probolonggo. Ini dikarenakan terdapat banyak pilihan alternatif untuk naik ke gunung Bromo. Jangan lupa bagi para backpacker menawar adalah hal yang perlu diperhatikan untuk menghemat budget atau dana.

Menentukan Tempat Penginapan

Menentukan tempat penginapan menjadi tips berikutnya dalam backpacker ke gunung Bromo. Anda harus memikirkan ketika sudah sampai di tempat transit, Anda mau menginap di mana. Anda bisa menginap di hotel, homestay, vila, atau juga tempat penginapan backpacker lainnya. Bagi Anda yang sudah membawa tenda, spot yang pas adalah Penanjakan. Namun Anda perlu tahan dengan udara yang dingin, bagi yang kurang tahan bisa menginap di homestay. Di spot penanjakan banyak orang yang melihat sunrise di pagi hari.

Melihat Obyek Wisata di Sekitar Bromo

Setelah memutuskan memilih tempat penginapan, langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengunjungi obyek wisata di sekitar Bromo. Terdapat banyak lokasi wisata di sekitar Bromo yang bisa dipilih seperti Pura Poten yang merupakan pura untuk umat Hindu, Kawah Bromo yang bisa dicapai dengan menyewa Jeep dengan berjalan sekitar 1,5 km serta naik 250 anak tangga dari parkir Jeep di lautan pasirnya, kemudian ada juga Savana, sunrise penanjakan, bukit Teletabis, serta spot yang tak kalah menarik air trjun Coban Pelangi.

Yang perlu Anda perhatikan juga sebelum backpacker ke Bromo adalah kondisi badan yang fit, jangan lupa untuk membawa pakaian anti dingin seperti jaket, penutup kepala, shal, kaos kaki, sapu tangan, dan perlengkapan lainnya.

Rute perjalanan ke wisata Gunung Bromo

Untuk dapat menikmati keindahan gunung Bromo Anda dapat memilih beberapa jalur transportasi. Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan dengan cara backpacker, berikut rute perjalanan yang perlu Anda ketahui.

Jalur dari Lumajang

Jika Anda ingin menggunakan jalur Lumajang, Anda dapat menuju ke kecamatan Senduro. Kemudian Anda dapat meneruskan perjalanan ke Desa Ranu Pane. Anda akan melewati bukit di kawasan wisata Bromo melalui Jemplang. Dari sini Anda sudah dapat menikmati pemandangan gunung Bromo.

Jalur dari Malang

Tips backpcker ke gunung Bromo melalui jalur Malang, Anda dalam menuju ke kecamatan Tumpang. Dari sini Anda meneruskan perjalanan ke Desa Bulak Klakah. Kemudian Anda akan melewati jalur Lumajang, yaitu kawasan Jemplang. Dan melewati padang savana dari gunung Bromo.

Jalur dari Pasuruan

Ini merupakan jalur ketiga yang perlu Anda ketahui jika akan berwisata ke gunung Bromo. Perjalanan Anda dimulai dari kota Pasuruan menuju kecamatan Wonorejo. kemudian Anda dapat menuju ke kecamatan Warung Dowo serta kecamatan Tosari. Selanjutnya Anda akan melewati desa Wonokitri dan dilanjutkan menuju Penanjakan Gunung Bromo.

Jalur dari Probolinggo

Yang terakhir adalah jalur dai Probolinggo. Ini merupakan jalur utama menuju wisata gunung Bromo. Selain itu, jalur Probolinggo juga menjadi jalur favorit para wisatawan. Melalui jalur ini Anda dapat menikmati keindahan alam saat perjalanan ke gunung Bromo. Jika Anda memilih menggunakan jalur ini melalui Surabaya, Anda akan melewati Pasuruan kemudian menyusuri jalan pantura dan masuk ke kabupaten Probolinggo. Anda akan melewati pertigaan kecamatan Tongas, dari sini Anda menuju ke kecamatan Lumbung. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju ke kecamatan Sukapura dan ke desa Cemoro Lawang. Dari sinilah pintu utama masuk ke kawasan wisata gunung Bromo.

Nah itulah beberapa informasi mengenai tips backpacker ke gunung Bromo. Baca juga Tempat wisata terbaik Jawa Barat.

Loading...