Tips Aman Belanja Online untuk Menghindari Penipuan

By Categories : Tips

Dengan semakin majunya teknologi membuat masyarakat semakin mudah dalam mendapatkan sesuatu salah satunya adalah barang yang ingin dibeli dengan cara online. Belanja online menjadi salah satu pilihan bagi mereka yang tak ingin bepergian. Belanja online memang memberikan kemudahan dan banyak manfaat seperti menghemat dana saat keluar, menghemat waktu, dan juga tenaga.

Namun berbelanja online tidak sembarangan, melainkan harus memerlukan perhatian khusus agar tidak mudah tertipu terlebih saat ini banyak kasus penipuan yang muncul dalam transaksi online. Modus dari penipuan tersebut biasanya seperti meminta untuk mentrasfer dana yang ditentukan, tetapi si pelaku tidak mengirimkan barang. Nah untuk menghindari hal tersebut dibutuhkan beberapa tips aman belanja online. Apa saja tipsnya?

Berikut Tips Aman Belanja Online

  • Cek Website Terlebih Dahulu
    Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan transaksi belanja secara online ada baiknya jika Anda mengcek website atau toko online terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan dari segala hal yang bersifat merugikan. Jika Anda ragu dengan website tersebut Anda dapat mencari aman dengan menggunakan beberapa toko online aman seperti Tokopedia, Lazada, atau beberapa toko online lain yang sudah terkenal dengan keamanannya.Tips Aman Belanja Online untuk Menghindari Penipuan
  • Jangan Tergoda dengan Harga Barang yang Terlalu Murah
    Tips aman belanja online yang kedua adalah dengan menghindari barang dengan harga yang tak wajar. Harga barang yang terlalu murah dengan merk yang terkenal perlu diwaspadai agar tidak terkena penipuan oleh oknum tak bertanggung jawab. Terlebih lagi saat ini promosi si penjual banyak dilakukan melalui jejaring sosial, situs, sampai dengan via email.
  • Mengamankan dengan Antivirus
    Tips aman belanja online yang ketiga adalah dengan mengamankan PC maupun perangkat mobile dengan antivirus. Antivirus Anda perlu terpasang untuk mencegah malware yang dapat menginfeksi perangkat yang digunakan. Resiko jika malware terinfeksi seperti pencurian data. Untuk itu pasang antivirus dan meng-update secara otomatis.
  • Memperhatikan Cara Pembayaran
    Tips yang keempat adalah dengan memperhatikan cara pembayaran. Ketika Anda sudah yakin dengan barang yang akan dibeli, langkah berikutnya adalah memperhatikan cara pembayaran. Pada umumnya pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan kartu kredit, transfer, maupun Cash on Delivery atau membayar saat bertemu. Anda dapat memilih pembayaran di tempat untuk lebih amannya.
  • Simpan Bukti dari Transaksi
    Menyimpan bukti transaksi menjadi tips berikutnya yang perlu Anda perhatikan. Bukti transaksi seperti bukti transfer yang bisa digunakan ketika barang juga tidak dikirim. Selain bukti transaksi jangan lupa pula ambil dan simpan percakapan dengan sang penjual. Untuk berbelanja online bukti transfer memang menjadi salah satu hal penting yang perlu dimiliki oleh si pembeli.

Selain tips di atas Anda juga perlu mencari tahu mengenai kredibilitas si penjual maupun website yang digunakan dengan melihat komentar positif dari pembeli lain. Nah itulah tadi beberapa pembahasan mengenai tips belanja online yang aman. Baca juga artikel mengenai Tips belanja dengan kartu kredit.