Tips Agar Rambut Sehat dan Kuat yang Dapat Anda Coba

By Categories : Wanita

Rambut merupakan mahkota bagi setiap wanita. Sehingga rambut memiliki pengaruh yang sangat besar bagi penampilan setiap orang khususnya para wanita. Maka jangan heran jika memiliki rambut yang sehat, kuat dan berkilau merupakan impian bagi setiap orang. Tahukah Anda tingkat kesehatan rambut yang Anda miliki dapat dipengaruhi oleh kebiasaan Anda sehari-hari? Oleh karena itu, menerapkan kebiasaan baik dalam kehidupan sehari-hari selain dapat membuat tubuh menjadi sehat, rambut juga akan tetap terjaga kesehatannya. Kali ini akan dijelaskan mengenai tips agar rambut sehat dan kuat yang dapat Anda coba.

Tips Agar Rambut Sehat dan Kuat

Berikut Tips Agar Rambut Sehat dan Kuat

Memenuhi Kebutuhan Protein Tubuh

Seperti yang Anda ketahui makanan merupakan komponen utama dalam membangun kesehatan. Jika kita mengonsumsi makanan yang bernutrisi tentunya tubuh akan mendapatkan nutrisi yang baik pula. Sama halnya dengan protein, selain bermanfaat bagi tubuh, protein juga berperan untuk menjaga rambut agar tetap sehat dan kuat. Mulailah untuk mengonsumsi makanan yang kaya protein seperti telur, daging, ayam tanpa kulit, ikan laut, kepiting dan juga tahu.

Hindari Menggaruk Kepala

Tips agar rambut sehat dan kuat selanjutnya adalah tidak menggaruk kepala. Saat kulit kepala terasa gatal hal utama yang sering kita lakukan adalah menggaruknya. Namun tahukah Anda bila hal tersebut dapat membuat rambut menjadi rusak? Sebaiknya jika rasa gatal menyerang Anda hanya mengusapnya saja, menggaruknya dengan menggunakan kuku dapat menyebabkan kulit rambut menjadi rusak. Sehingga ini akan menimbulkan kerontokan rambut.

Hindari Terlalu Sering Mengikat Rambut

Mengikat rambut adalah salah satu hal yang biasa dilakukan seseorang yang memiliki rambut panjang. Hal ini dikarenakan rambut panjang dapat mengganggu kegiatan jika tidak bisa mengurusnya. Namun mengikat rambut terlalu sering juga tidak baik bagi kesehatan rambut sendiri. Hal ini dapat menyebabkan rambut lebih mudah patah dan rontok.

Hindari Paparan Sinar Matahari

Seseorang yang memiliki kegiatan outdoor pada umumnya dapat meningkatkan masalah kerusakan rambut. Untuk menghindarinya Anda dapat menggunakan payung ataupun topi. Namun tidak disarankan menggunakan topi terlalu lama. Karena dapat membuat rambut lembab, berkeringat sehingga dapat memicu munculnya ketombe.

Rutin Mencuci Rambut

Mencuci rambut merupakan salah satu kegiatan yang dapat menghilangkan berbagai macam kotoran pada rambut. Sangat disarankan untuk mencuci rambut dua kali sehari. Namun jika Anda memiliki kulit kering sebaiknya jangan terlalu sering untuk mencuci rambut, karena dapat menghilangkan minyak alami pada kulit kepala Anda. Dan pastikan Anda menggunakan shampoo yang sesuai dengan jenis rambut Anda.

Hindari Keramas dengan Air Hangat

Air hangat yang Anda gunakan untuk mencuci rambut atau keramas dapat menyebabkan kerusakan pada akar rambut, meningkatkan produksi minyak di kulit kepala serta dapat membuat rambut menjadi mudah lepek.

Demikianlah ulasan tentang tips agar rambut sehat dan kuat yang dapat Anda coba. Baca juga artikel terkait mengenai Cara agar rambut tidak rontok.

loading...