Tetap Sehat Dan Bugar Saat Musim Hujan

By Categories : Tips

Tahun baru, Januari dan Hujan…Tiga kata itu yang identik dengan awal tahun baru 2015 ini. Musim penghujan di akhir tahun hingga menjelang bulan baru ditahun baru iklim di Indonesia biasanya terasa dingin, hujan yang terus menerus mengguyur dari pagi hingga malam terkadang menjadi rutinitas yang mau tidak mau harus kita hadapi. Pergantian musim dari musim kemarau ke musim penghujan ini biasanya membuat tubuh lebih rentan terhadap gangguan kesehatan. Hal ini disebabkan karena tubuh dipaksa beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda daripada sebelumnya.

Bugar Saat Musim Hujan

Di musim hujan seperti saat ini, biasanya daya tahan tubuh akan menurun dan jika Anda tidak berhati-hati dalam menjaga kesehatan, Anda dapat terserang flu ataupun penyakit lain yang sering muncul di musim hujan. Sinar matahari yang biasanya bisa membunuh kuman kini terhadang awan gelap. Banjir atau air yang tergenang pun dapat menimbulkan banyak penyakit Oleh karena itu, ada baiknya Anda mulai melakukan hal-hal yang sering luput dari perhatian Anda tetapi sangat berpengaruh pada ketahanan tubuh Anda. Karena itu, Anda harus tetap fit dan menjaga daya tahan tubuh Anda. Bagaimana caranya? Ini dia tips nya.

Bersihkan Lingkungan: Hujan yang terus menerus mengguyur saat musim penghujan membuat lingkungan menjadi lebih kotor daripada saat musim kemarau. Hal ini dipicu karena tingkat kelembaban udara yang lebih tinggi yang membuat sampah atau limbah menjadi lebih mudah membusuk yang pada akhirnya menjadi sumber kuman. Untuk itu, bersihkan lingkungan pada tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang untuk kuman dan bakteri berkembang biak. Misalkan dengan mengubur atau membakar sampah, menutup lubang yang berpotensi membuat air hujan tergenang, menutup penampungan air, memotong ranting dan rumput yang terlalu rindang. Lingkungan teduh, lembap dan tempat yang kotor akan menjadi sarang bagi nyamuk penyebab demam berdarah berkembang biak.

Tambah Konsumsi Buah dan Vitamin: Buah-buahan mengandung aneka jenis vitamin khususnya vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh yang kita miliki. Usahakan untuk selalu makan makanan bergizi dan mengkonsumsi vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi penting kiranya mulai membeli buah-buahan untuk di konsumsi selama musim hujan.

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh: Seringkali orang mengabaikan konsumsi terhadap air putih terutama saat musim penghujan, udara yang dingin menjadikan alasan rasa haus jarang terjadi, untuk itu seringkali anda melewatkan mengkonsumsi air putih secara cukup. Namun faktanya baik musim kemarau maupun musim penghujan kebutuhan cairan dalam tubuh tetap saja sama. Jangan pernah berpikir mengkonsumsi air putih saat anda merasa haus saja. Namun cobalah berpikir jika semua makanan yang masuk kedalam tubuh akan dicerna dengan baik apabila cairan dalam tubuh terpenuhi. Selain itu, pasokan air yang cukup mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh sebab itu, pastikan jika anda tetap mengkonsumsi cairan sedikitnya 1,5 liter perhari. Apabila anda bosan terus-terusan mengkonsumsi air putih, air tersebut bisa anda ubah menjadi the tawar hangat atau air jahe yang akan membuat tubuh terasa lebih hangat.

Jangan Lupa Olahraga Rutin: Mulailah untuk lebih menyemangati diri untuk berolahraga pagi, meskipun cuaca dan rute untuk berjalan kaki sangat tidak mendukung dan bersahabat dengan anda. Karena berolahraga akan membuat tubuh lebih sehat dan bugar saat menjalani aktivitas maupun pekerjaan dimusim penghujan.  Melakukan jalan cepat di atas treadmill akan membakar 300 kalori dalam satu jam. Sedangkan jika Anda berlari di atas treadmill dengan kecepatan 7,5 mil per jam maka Anda bisa membakar 900 kalori per jam. Mengayuh sepeda stasioner dengan kecepatan 10 mil per jam akan membakar 450 kalori dalam satu jamnya. Tambahkan kecepatan Anda untuk membakar lebih banyak kalori. Berolahraga dengan naik-turun tangga dapat mengencangkan dan membakar lemak di sekitar paha dan bokong. Melakukan olahraga ini selama satu jam akan membakar 700 kalori.

Pakaian juga akan mempengaruhi kesehatan anda dimusim penghujan. Baju tipis dan transparan kurang cocok dikenakan saat musim ini, terutama jika aktifitas yang anda lakukan lebih banyak diluar ruangan. Untuk itu, ada baiknya beralihlah pada pakaian yang lebih tertutup, tebal serta terasa hangat untuk tubuh anda. Pakaian dengan model seperti ini tentunya akan menjaga anda dari udara dingin saat musim penghujan.

Demikian tips tetap sehat saat musim hujan, semoga hujan tidak menghambat aktifitas anda karena anda tetap  fit dan bugar. Tips-tips diatas merupakan tips yang dapat Anda terapkan pada keluarga Anda di rumah. Jangan segan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda jika salah satu keluarga Anda mengalami gejala sakit.