Tempat Wisata Kuliner di Solo yang Wajib Dikunjungi

By Categories : Wisata

Jika berbicara mengenai kuliner di Indonesia memang tidak akan ada habisnya mengingat begitu banyak kuliner khas yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Untuk di Jawa Tengah tepatnya di Surakarta atau Solo terdapat banyak wisata kuliner yang bisa dicoba. Tidak kalah dengan beberapa wisata kuliner di Semarang, dan Yogyakarta, di Surakarta memiliki tempat kuliner andalan yang wajib dikunjungi ketika berada di kota tersebut. Agar Anda mengetahuinya di mana saja tempat wisata kuliner di Solo yang wajib dikunjungi, silahkan simak pembahasannya di bawah ini!

Timlo Sastro

Berikut Tempat Wisata Kuliner di Solo

Timlo Sastro

Jika Anda sedang di Yogyakarta wajib untuk mencoba gudeg tetapi jika Anda sedang berada di Solo wajib untuk mencoba Timlo. Timlo merupakan makanan khas Solo yang wajib untuk Anda coba. Timlo banyak dijumpai di sekitar Solo. Namun terdapat tempat legenda Timlo yang bernama Timlo Sastro. Timlo Sastro berlokasi di belakang Pasar Gede Timur. Timlo sendiri merupakan kuliner yang berbahan wortel, ampela ati, sosis solo, daging ayam, dan juga kentang yang disajikan dengan kaldu ayam.

Serabi Notosuman

Tempat wisata kuliner di Solo yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Serabi Notosuman. Serabi Notosuman terletak di Jalan Moh. Yamin yang sebelumnya adalah Jalan Notosuman. Serabi Notosuman dihidangkan dengan dua varian rasa yaitu rasa coklat dan original. Kuliner yang satu ini banyak diminati masyarakat dari Solo ataupun juga dari luar daerah. Rasa khas dari serabi adalah gurih yang bisa dipadukan dengan minuman teh.

Sate Buntel Tambak Segaran

Tempat kuliner yang satu ini berlokasi di Jalan Tambak Segaran 39, Solo. Sate Buntel merupakan kuliner olahan yang dibungkus terlebih dahulu sebelum dibakar. Sate ini berbahan daging kambing yang sudah dicampur bumbu dan dicincang yang kemudian dibungkus dengan lemak kambing. Ketika dibakar lemak kambing tipis tersebut meleleh sehingga menambah rasa lezat dari sate buntel tersebut.

Roemahkoe Resto

Roemahkoe Resto beralamatkan di Jalan Radjiman 501 yang merupakan salah satu tempat wisata kuliner terkenal di Solo. Adapun menu utama yang disajikan di Roemahkoe Resto adalah nasi jemblung. Namanya memang terbilang cukup aneh, nasi jemblung merupakan kuliner yang disajikan dengan campuran lidah sapi yang diolah dengan cara disemur. Dengan beralaskan daun pisang akan menambah cita rasa dari kuliner yang satu ini. Nasi jemblung merupakan salah satu sajian kerajaan.

Tengkleng Bu Edi

Kuliner berikutnya yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Surakarta adalah Tengkleng Bu Edi. Tengkleng Bu Edi berlokasi di gapura utara dari Pasar Klewer. Seperti halnya dengan namanya, tempat ini menyajikan kuliner tengkleng yang merupakan kuliner dari tulang kambing dengan sedikit daging. Adapun rasa dari tengkleng seperti asam, gurih, dan juga segar menjadikan kuliner yang satu ini banyak dicari orang dan wajib untuk dicoba.

Bale Padi Resto

Tempat wisata kuliner di Solo yang satu sangat menarik karena berada di tengah sawah hijau. Suasana sejuk dengan semilir angin menambahkan kenikmatan untuk bersantap bersama orang terdekat. Bale Padi Resto berada di Jalan Kadilangu, Baki Pandeyen, Solo. Tempat makan yang satu ini memiliki konsep sajian siang dan malam yang beda. Jika pagi hingga sore, sajian menunya berupa tumis tahu, empal gepuk, oseng tempe pare, serta gulai kakap. Sedangkan untuk malam hari Anda dapat menemukan berbagai macam olahan seafood di tempat ini. Ada satu menu unik yang cukup favorit bagi pengunjung, yakni kelapa muda bakar rempah. Minuman unik ini merupakan kelapa muda bakar yang disajikan dengan air campuran jahe, serai, cengkeh, dan kayu manis.  Rumah makan ini buka mulai dari pukul 7 pagi hingga 10 malam.

Galabo Solo

Jika Anda berkunjung ke Solo, jangan lupa untuk mampir ke Pasar Malam Galabo. Lokasinya berada di Jalan Mayor Sunaryo. Bagi Anda yang gemar begadang sangat cocok untuk berkunjun ke tempat ini karena Galao Solo buka mulai pukul 5 sore hingga 5 pagi.  Dan pada siang hari, tempat ini digunakan sebagai jalan raya. Pasar Malam Galabo selain terdapat tenda dan bangku, pasar malam yang satu ini dilengkapi dengan akses WiFi gratis  serta live musik untuk hiburan bagi para pengunjung. Di tempat ini Anda dapat menikmati berbagai kuliner khas Solo yang nikmat. Diantaranya adalah tengkleng, mie thoprak, sate kere, wedang ronde, dan lainnya. Beberapa makanan paling populer di Pasar Malam Galabo adalah sate kere yu rebi dan susu segar shi jack.

Demikianlah tadi beberapa tempat wisata kuliner di Solo yang wajib dikunjungi ketika Anda sedang berada di Solo. Adapun tempat kuliner lainnya seperti Pasar Malam Ngarsopuro, Galabo Solo di Jalan Mayor Sunaryo, dan banyak lagi.

terms: wisata solo, mie ayam yang wajib di kunjungi di daerah solo