Tempat Wisata di Wonosobo dan Sekitarnya

By Categories : Wisata

Indonesia merupakan salah satu negara dengan tujuan wisata terbaik di dunia. Dengan banyaknya pulau yang terdapat di Indonesia, membuat Indonesia kaya akan budaya dan berbagai pesona wisata alam yang bisa dikunjungi. Salah satu tujuan wisata alam yang banyak dikunjungi adalah Dieng Wonosobo. Salah satu tempat wisata di Wonosobo ini merupakan dataran tinggi di Jawa Tengah yang memiliki berbagai pesona wisata alam menarik.

Berdasarkan sejarah Dieng disebut juga sebagai tempat dewa dan dewi tinggal. Selain dengan keindahannya Dieng dikenal juga sebagai tempat candi dengan corak agama Hindu yang memiliki arsitektur bangunan unik. Dengan ketinggian 2.093 meter di atas permukaan tanah, Dieng Wonosobo memiliki udara yang sejuk dengan rentan suhu 15 sampai dengan 20 derajat. Nah berikut ini terdapat beberapa wisata di Wonosobo dan sekitarnya.

Tempat Wisata di Wonosobo

Berikut Tempat Wisata di Wonosobo dan Sekitarnya Paling Populer

Telaga Warna

Salah satu tujuan wisata yang bisa dikunjungi di Dieng Wonosobo adalah Telaga Warna. Dinamakan Telaga Warna dikarenakan di dalam telaga ini mempunyai warna yang berbeda. Menurut sejarah warga, warna yang ada pada telaga dulunya terdapat cincin dari bangsawan yang jatuh ke dalam. Sedangkan berdasarkan ilmiah warna yang berbeda dikarenakan pembiasan cahaya dan endapan belerang di dasar telaga tersebut. Adapun warna dari telaga ini adalah putih kekuningan, biru laut, dan juga hijau. Jika ingin melihat keindahan telaga warna ini, Anda dapat mendaki ke puncak bukit yang berada di sekeliling telaga. Di daerah tepi telaga juga terdapat balkon yang bisa digunakan untuk duduk santai sambil menikmati keindahan telaga.

Bukit Sikunir

Kedua adalah Bukit Sikunir yang terkenal dengan keindahan sunrisenya. Bagi mereka yang suka dan berburu sunrise spot ini menjadi spot yang paling cocok dan tepat di Jawa Tengah. Bukit Sikunir terletak di desa Sembungan yang menjadikan desa tertinggi di Jawa Tengah. Bukit Sikunir berada di ketinggian 2.200 meter di atas permukaan laut dengan sinar matahari yang indah di pagi hari. Untuk Anda pecinta alam sekaligus pemburu sunrise maka tempat ini wajib untuk dikunjungi.

Kawah Dieng

Berikutnya adalah Kawah Dieng, di dataran tinggi Dieng Wonosobo memiliki kawah indah seperti kawah Sikidang, kawah Sileri, dan juga kawah Candradimuka. Kawah-kawah tersebut memiliki pesona alam yang berbeda. Kawah Sikidang terletak di Dieng Timur dengan kombinasi bukit hijau serta tanah kapur. Diberi nama kawah Sikidang karena memiliki kolam magma yang sering berpindah-pindah seperti Kidang atau Kijang. Gejolak magma pada kawah ini cukup tinggi, yakni sehingga satu meter. Yang kedua adalah kawah Sileri, kawah terbesar dengan luas mencapai 4 hektar. Diberi nama Kawah Sileri karena warna dari kawah ini putih dan memiliki aroma seperti air bekas cucian beras. Sedangkan untuk kawah Candradimuka merupakan kawah yang paling terkenal dengan berbagai legenda pewayangannya. Dalam legenda tersebut diceritakan jika Kawah Candradimuka adalah tempat dimana Gatotkaca dijedi atau dimandikan sehingga memiliki kesaktian. Lokasi kawah ini berjarak 6 km dari pusat wisata Dieng.

Candi Dieng

Candi merupakan sebuah bangunan peninggalan sejarah dan sekaligus menjadi salah satu simbol pariwisata di Dieng. Di Dieng Wonosobo terdapat banyak candi sakral yang tersebar di berbagai lokasi. Terdapat banyak candi di Dieng diantaranya seperti Candi Bima, Candi Srikandi, Candi Arjuna, dan banyak lagi. Model ban

Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda terletak di Desa Pakasiran, sekitar 12 km dari sebelah barat wisata utama di Dieng. Untuk mencapai tempat ini memang harus mempersiapkan fisik yang baik, pasalnya terdapat 257 anak tangga yang siap untuk dilewati. Berdasarkan mitos dari warga setempat jika dapat melempar kerikil sampai ke seberang sumur Jatulanda, maka harapan si pelempar dapat terkabul. Banyak para pengunjung yang mencoba untuk melempar kerikil. Sumur ini dulunya merupakan ceruk rekahan kawah yang digenangi air hingga berdiameter 90 meter dengan kedalaman mencapai 200 meter. Sehingga tampak seperti sumur.

Telaga Cebong

Tempat wisata di Wonosobo ini merupakan sebuah telaga di atas awan. Telaga ini berada pada ketinggian 2.300 mdpl dan terletak di Desa Sembungan. Telaga Cebong merupakan tempat yang memiliki keindahan alam luar biasa. Selain sebagai tempat wisata, Telaga Cebong juga biasanya dijadikan sebagai temapt berkemah.

Air Terjun Sikarim

Salah satu tempat wisata di Wonosobo yang perlu Anda kunjungi selanjutnya adalah air terjun Sikarim. Tempat wisata ini merupakan objek wisata alam yang berada di desa Sembugan.  Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 100 meter serta dikelilingi hutan pakis dengan aneka tumbuhan alami lainnya. Tempat wisata ini banyak dikunjungi para wisatawan karena memiliki suasana yang sangat sejuk.

Nah itulah beberapa tempat wisata di Wonosobo dan sekitarnya yang bisa menjadi tujuan wisata. Baca juga artikel tentang tempat wisata di Semarang dan sekitarnya.