Tempat Wisata di Papua Yang Wajib Anda Kunjungi

By Categories : Wisata

Liburan merupakan suatu hal di mana seseorang sedang terbebas dari pekerjaan baik sekolah maupun kantor. Jika Anda memiliki waktu luang tempat manakah yang Anda tuju untuk berlibur? Kali ini saya akan menjelaskan tantang tempat wisata yang ada di Papua Barat. Bagi Anda yang sudah berlibur ke sana pastinya sudah tahu apa saja tempat wisata di sana.

IMG_5625 - PAPUA BARAT - RAJA AMPAT - WAYAG - SETIADI DARMAWAN - 20102014Raja Ampat

Yuk langsung saja berikut adalah tempat wisata di Papua  yang wajib Anda  kunjungi. Apa saja tempat wisatanya? Berikut penjelasannya!

Tempat Wisata di Papua Paling Populer

Raja Ampat

Tempat wisata yang pertama adalah Raja Ampat. Siapa yang tidak tahu tempat wisata ini? Raja Ampat merupakan salah tempat wisata yang merupakan surga dunia karena di sini Anda dapat melihat biota laut yang sangat beragam. Hampir sebanyak 75% spesies laut yang berada di dunia dapat ditemukan di perairan Raja Ampat. Selain itu, Anda juga dapat  melakukan olahraga menyelam dengan ditemani beragam jenis ikan dan juga penyu laut. Anda dapat menemukan 1.511 jenis ikan serta penyu laut. Waaahh sangat mengasyikkan bukan?

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Raja Ampat adalah pada bulan Oktober hingga November. Pada bulan tersebut cuaca cukup mendukung dengan air laut yang sangat jernih sehingga jarak pandang saat menyelam sangat ideal. Selain menyelam Anda juga dapat menikmati keindahan alam dengan cara melakukan tracking ke pulau-pulau. Jika takut tersesat Anda dapat menggunakan jasa pemandu yang merupakan warga sekitar yang bekerja sebagai nelayan. Baca juga berlibur ke Raja Ampat dari Jakarta.

Puncak Jayawijaya

Bagi Anda yang suka akan adventure atau berpetualang Anda dapat melakukan sebuah pertualangan sebagai pendaki di gunung Jayawijaya. Anda dapat bermain dengan salju abadi di puncak gunung tersebut. Tempat wisata yang satu ini terletak di Taman Laurentz dan gunung Jayawijaya ini  merupakan salah satu incaran para pendaki di berbagai belahan dunia.

Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Taman Nasional Teluk Cenderawasih memiliki luas 1.453.500 hektar. Dan sangat cocok bagi Anda yang senang melakukan aktifitas air. Karena Taman Nasional Teluk Cenderawasih hamipr 90% daerahnya berupa perairan. Ini merupakan sebuah kawasan konservasi terluas di Indonesia.

Terdapat lebih dari 196 jenis moluska serta 209 jenis ikan yang dapat saksikan di bawah laut. Anda dapat menikmati keindahan lautnya dengan cara menyelam yang ditemani oleh ikan, lumba-lumba, kura-kura dan juga penyu. Selain itu, Anda juga dapat menjelajahi berbagai pulau yang ada di dalamnya seperti, Pulau Mioswaarm Pulau Nusrowi, Pulau Yoop, dan juga Pulau Numfor. Secara administratif, tempat wisata ini berada di antara dua Kabupaten, yakni Kabupaten Wondama dan Nabire. Selain sebagai tempat wisata, Taman Nasional Teluk Cenderawasih juga digunakan sebagai pusat penelitian hiu paus yang dilakukan oleh pemerintah dan LSM dari luar negeri.

Danau Sentani

Tempat wisata di Papua selanjutnya adalah Danau Sentani. Daunau ini memiliki luas 9.360 hektar dan merupakan salah satu danau terbesar di Papua. Lokasinya berada sekitar 50 km dari pusat kota Jayapura.  Danau Sentani dikelilingi 21 pulau dengan ketinggian 75 m di atas pemukaan laut. Di Danau Sentani ada banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan seperti, memancing, berenang, berkeliling danau dengan menggunakan perahu dan juga wisata kuliner di sekitar danau. Jika ingin menyaksikan sesuatu yang beda, Anda dapat mengunjungi Danau Sentani pada bulan Juni karena pada bulan tersebut akan ada acara tahunan yaitu Festival Danau Sentani. Pada waktu tersebut banyak sekali wisatawan yang hadir ke sini untuk menyaksikan berbagai macam pertunjukan seni dan adat.

Ada sekitar 24 desa yang bisa Anda kunjungi  untuk berinteraksi langsung dengan warga asli. Terdapat deretan rumah adat yang khas dengan jaring ikan merupakan pengalaman unik yang mudah Anda temui.

Lembah Baliem

Ini merupakan tempat tinggal Suku Dani, Lani dan Yali. Lembah Baliem berada di sekitar Pegunungan Jayawijaya. Tepatnya di ketinggian  1.600 m di atas permukaan laut dengan suhu 10-15 derajat Celcius ketika malam hari. Di tempat ini Anda dapat berinteraksi langsung dengan suku asli dengan pakaian yang masih tradisional. Untuk pria masih menggunakan koteka dan para wanita masih menggunakan rok rumbai.

Pada bulan Agustus, Lembah Baliem menjadi tempat witata di Papua paling menarik karena selama tiga hari diaksanakan Festival Lembah Baliem.

Nah itulah beberapa tempat wisata di Papua  yang wajib Anda  kunjungi. Selain tempat tersebut Anda juga dapat mencoba tempat wisata lainnya seperti pantai Tanjung Kasuari yang berada di Sorong, Teluk Triton  di Kabupaten Kaimana, Goa Jepang di Kabupaten Fak Fak, Danau Kabori di Kabupaten Manokwari. Nah bagaimana? Sudah dapat menentukan mau mengunjungi tempat yang mana?

Baca juga artikel lainnya tempat wisata di Lombok yang menarik.

loading...