Tempat Wisata di Palembang Paling Populer

By Categories : Wisata

Palembang merupakan ibu kota dari provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Palembang terkenal dengan berbagai budaya, makanan khas, serta tempat wisatanya. Makanan khas yang terkenal di Palembang adalah empek-empek Palembang. Untuk Anda yang sedang berkunjung jangan lupa untuk mencicipi makanan khas yang berbahan dasar ikan tengiri. Selain terkenal dengan empek-empeknya, kota Palembang memiliki sejumlah wisata yang wajib untuk dikunjungi. Adapun tempat wisata di Palembang sebagai berikut :

Tempat Wisata di Palembang

Berikut Tempat Wisata di Palembang Paling Populer

Jembatan Ampera

Jembatan Ampera merupakan sebuah jembatan yang sekaligus menjadi ikon dari kota Palembang. Jembatan Ampera sendiri mulai dibangun sejak tahun 1962 silam. Untuk menyelesaikan jembatan ini dibutuhkan waktu selama 3 tahun. Jembatan ini menghubungkan seberang ilir dan seberang ulu yang dipisahkan oleh sungai Musi. Di dekat jembatan Ampera sekitar jarak 50 meter terdapat pusat souvenir yang banyak didatangi para wisatawan lokal maupun luar daerah yang datang.

Benteng Kuto Besak

Tempat wisata di Palembang berikutnya adalah Benteng Kuto Besak. Benteng ini merupakan bangunan yang berdiri kokoh dengan bahan dasar batu. Bangunan kebanggaan masyarakat Palembang ini menjadi saksi perjuangan para pejuang dari para penjajah. Melalui Benteng Kuto Besek ini pengunjung dapat melihat berbagai kapal yang berlayar di Musi serta melihat aristektur bangunan. Tempat wisata ini wajib untuk dikunjungi ketika Anda sedang berkunjung ke Palembang. Baca 7 Tempat Wisata di Jepara, Jawa Tengah

Pulau Kemaro

Untuk Pulau Kemaro terletak sekitar 6 km dari Jembatan Ampera yang berada di tengah sungai Musi. Di tempat ini pengunjung dapat melihat sebuah vihara yang banyak dikunjungi para umat Buddha untuk berziarah dan juga berdoa. Tidak hanya itu saja, di pulau Kemaro juga terdapat sebuah makam dari seorang putri Palembang. Putri ini mempunyai cerita dimana dia menikah dengan anak raja dari China. Mas kawin dari pernikahan tersebut adalah 9 guci emas. Akan tetapi pasangan tersebut pada akhirnya menerjunkan diri ke dalam sungai. Pulau Kemaro merupakan salah tempat wisata paling populer di Palembang.

Taman Hutan Wisata Punti Kayu

Tempat wisata di Palembang berikutnya adalah Taman Hutan Wisata Punti Kayu. Hutan wisata ini terletak sekitar 7 km dari pusat kota Palembang. Wisata keluarga ini memiliki luas sekitar 50 hektar dengan berbagai fasilitas di dalamnya seperti tempat penangkaran buaya, kebun binatang, berenang, serta banyak lagi aktivitas lainnya. Taman Hutan Wisata Punti Kayu merupakan kawasan hutan pinus terbesar di Tanah Air.

Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho memiliki keunikan dengan nuansa khas budaya dari China. Tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah saja, saat ini Masjid Cheng Ho digunakan sebagai tempat wisata di Palembang favorit. Para pengunjung tidak hanya dari Palembang, luar daerah saja, tetapi juga dari luar negeri seperti Singapura, Malaysia, Taiwan, dan lain-lain.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa tempat wisata di Palembang paling populer. Tempat wisata lain yang juga populer di Palembang seperti Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin yang terkenal dengan arsitektur gabungan antara Indonesia, China, dan Eropa. Baca Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal di Dunia