Tempat Wisata di Magelang dan Sekitarnya

By Categories : Wisata

Selain candi Borobudur, Magelang memiliki berbagai wahana wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Ketika bepergian menuju Yogyakarta atau Semarang, biasanya kebanyakan orang untuk menyempatkan mengunjungi Obyek Candi Borobudur yang terletak di Magelang. Wahana yang tak kalah menarik dengan Candi Borobudur sering dikunjungi kebanyakan orang, termasuk wisata rafting atau arung jeram. Kegiatan olahraga air tersebut dapat memacu adrenalin seseorang sekaligus merupakan olahraga air yang menantang. Untuk mengetahui apa saja tempat wisata di Magelang dan sekitarnya berikut beberapa tempat wisata di Magelang favorit para pengunjung.

Tempat Wisata di Magelang

Berikut Tempat Wisata di Magelang Paling Favorit

Arung Jeram Kali Progo

Bagi Anda yang suka dengan tantangan dalam memacu adrenalin tempat wisata yang berada di Magelang ini dapat Anda coba. Sungai atau kali Progo atas berlokasi di Perumahan Griya Tok Songo, di Kota Magelang. Sungai ini mempunyai panjang mencapai 12 kilometer dengan durasi waktu saat melakukan arung jeram sekitar 2,5 sampai 3 jam. Dengan arus air yang deras cukup memacu adrenalin dan stamina fisik. Arung Jeram sungai Progo terbagi menjadi beberapa rute, seperti arung jeram sungai Progo Atas, bawah, dan arung jeram sungai Progo Hulu.

Gunung Andong

Tempat wisata di Magelang paling favorit berikutnya adalah gunung Andong yang memiliki ketinggian 1.726 meter di atas permukaan laut. Untuk wisata yang satu ini sangat cocok untuk mereka yang hobi pendakian. Untuk mencapai puncak gunung Andong dibutuhkan kurang lebih 1,5 sampai 2 jam. Gunung yang disebut ramah ini banyak dikunjungi para pendaki termasuk para pendaki pemula yang ingin melihat pemandangan alam dari ketinggian ribuan meter di atas permukaan laut. Dari Gunung Andong kita dapat melihat pemandangan paling indah di pagi hari, tepatnya saat sunrise.

Air Terjun Sekar Langit

Wisata favorit berikutnya adalah Air Terjun Sekar Langit yang letaknya berada di kaki gunung Andong di kecamatan Grabag, Magelang. Di tempat ini para pengunjung dapat menikmati pesona alam yang masih alami dengan udara sejuk dan segar. Suasana yang masih alami menjadi salah satu keunggulan dari Air Terjun Sekar Langit.

Rumah Kamera

Di kota Magelang tidak hanya memiliki pesona tempat wisata alam saja, melainkan juga memiliki bangunan untuk yang bentuknya sangat mirip dengan kamera DSLR. Rumah kamera terletak tidak jauh dari candi Borobudur. Di dalam bangunan yang mirip dengan bentuk kamera tersebut terdapat lukisan karya dari Tanggol Angien Jatikusumo. Di dalam galeri ini terdapat 4 lantai yang memiliki keunikan tersendiri.

Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu merupakan bukit yang memiliki ketinggian 400 meter di atas permukaan laut. Wisata ini terletak di sebelah barat daya Candi Borobudur. Di tempat ini pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan alam berupa matahari terbit dari atas bukit dengan ketinggian 400 meter di atas permukaan laut. Punthuk Setumbu berlokasi di dusun Kerahan, Desan Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Nah itulah tadi beberapa tempat wisata di Magelang paling favorit selain Candi Borobudur, untuk wisata lain yang juga terletak di Magelang seperti Curug Silawe yang terletak di kaki gunung Sumbing, di desa Kopeng Kulon, Sutopati. Baca juga artikel mengenai Tempat wisata di Wonosobo dan sekitarnya.