Teknologi Rudal Lapan

By Categories : Teknologi

Indonesia adalah negara dengan luas wilayah terbesar yang ada di kawasan Asia Tenggara. Dengan jumlah penduduk yang sangat banyak dan menurut beberapa informasi tentang kependudukan saat ini menyatakan bahwa negara kita ini menempati urutan ke empat di dunia. Dengan hal tersebut menjadikan Indonesia memiliki jumlah Sumber Daya Manusia yang melimpah yang seyogyanya dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan kesejahteraan dan mampu melindungi kedaulatan negeri kita tercinta ini. Terlebih mengingat sejarah masa lampau di mana negeri ini pernah mengalami penjajahan sekian lamanya baik oleh Belanda maupun Jepang dan tak tertutup kemungkinan suatu saat nanti akan kembali dijajah jika sumber daya manusia di dalamnya tidak kompeten. Khususnya di daerah terluar dan perbatasan yang rawan sekali terjadinya konflik.

Teknologi Rudal Lapan

Menyadari akan hal tersebut, Lapan atau lembaga penerbangan dan antariksa nasional memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan teknologi yang dimilikinya untuk meningkatkan ketahanan nasional terhadap ancaman-ancaman besar baik yang datang dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Seperti salah satunya yang hangat diperbincangkan akhir – akhir ini adalah mengenai teknologi rudal lapan. Seperti apakah kira-kira pengembangan teknologi rudal yang dikembangkan oleh Lapan tersebut? Untuk mendapatkan jawabannya secara lengkap maka penting bagi anda untuk menyimak ulasan yang saya sampaikan berikut ini dengan seksama.

Lembaga penerbangan dan antariksa nasional berupaya mengembangkan teknologi roket atau rudal untuk dapat menembus luar angkasa. Hal ini sangat penting untuk negara kita, karena jika tekhnologi rudal lapan tersebut berhasil maka di masa mendatang Indonesia akan dapat meluncurkan satelit sendiri. Itu artinya sama dengan mengurangi ketergantungan pada negara-negara lain yang telah terlebih dahulu menguasai teknologi roket layaknya Amerika Serikat dan Uni Soviet.

Selain itu dengan dikembangkannya teknologi rudal oleh Lapan ini maka akan sangat berdampak baik pada sistem pertahanan dan keamanan nasional. Khususnya oleh pasukan angkatan udara kita, karena dengan dikuasainya rudal jarak jauh maka sistem keamanan pun akan lebih terjamin. Dan jika hal ini terwujud maka negara kita akan menjadi salah satu kekuatan yang besar di dunia.

Namun, hal tersebut nampaknya memerlukan proses yang tidak singkat. Karena Lapan sebagai pengembang teknologi memiliki berbagai macam kendala dalam mengembangkan teknologi rudal tersebut. Khususnya jika dikaitkan dengan jumlah anggaran yang diberikan oleh pemerintah dalam hal tersebut. Masalah anggaran nampaknya juga perlu diperhatikan oleh pemerintah jika menghendaki Lapan bekerja secara maksimal, karena dengan terbatasnya anggaran yang dimiliki oleh lapan dalam hal ini telah mengakibatkan beberapa problem seperti penggunaan alat pengembangan yang terkesan seadanya dan juga masalah teknis lainnya yang kurang diperhatikan akibat adanya dana yang minim dan terbatas. Menyimak kejadian ini, sebagai warga negara yang baik kita hanya bisa berdoa semoga para ilmuwan yang ada di Lapan dapat memaksimalkan keterbatasan yang ada tersebut hingga Indonesia benar-benar memiliki teknologi rudal yang andal dan diakui internasional.

Loading...
terms: rudal lapan