Teknologi Hybrid Pada Mobil Canggih

By Categories : Teknologi

Dengan berjalanya waktu membuat manusia terus mengembangkan teknologi. Berbagai teknologi maju terus dikembangkan dalam berbagai bidang. Dengan teknologi semakin canggih dapat mempermudah manusia dalam melakukan berbagai hal sebagai contoh kemampuan ponsel yang tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja, melainkan dapat digunakan untuk mengetahui lokasi dengan menggunakan GPS.

Hal ini tentu berbeda dengan bebarapa tahun lalu yang masih minim teknologi pada ponsel. Selain itu ada juga teknologi yang dikembangkan pada panel surya yang dapat mengubah energi panas dari cahaya matahari menjadi energi listrik. Ada juga teknologi hybrid yang diaplikasikan pada kendaraan seperti mobil.

Teknologi Hybrid

Teknologi hybrid pada mobil sampai saat ini terus dikembangkan. Secara umum teknologi hybrid pada mobil menggunakan dua teknologi yang menjadi sumber tenaganya yakni sumber tenaga menggunakan bahan bakar minyak (BBM) dan menggunakan tenaga listrik yang berasal dari baterai. Salah satu sumber tenaga tersebut kemungkinan besar sebagai cadangan. Nah untuk mengetahui lebih lanjut silahkan ikuti pembahasannya di bawah ini!

Berikut Teknologi Hybrid pada Mobil

Dengan adanya dua sumber tenaga tersebut berupa BBM dan sebuah baterai yang dapat menghasilkan listrik membuat mobil hybrid memiliki performa lebih baik. Mobil dengan teknologi hybrid dapat dikatakan lebih irit menggunakan BBM. Hal ini dikarenakan adanya perpaduan antara teknologi mesin listrik dengan BBM. Oleh sebab itu mobil hybrid dapat menutupi kekurangan mobil konvensional yang cenderung boros akan BBM.

Selain hemat BBM menggunakan mobil hybrid juga tidak terlalu menyebabkan efek polusi yang dapat menyebabkan global warming atau pemanasan global. Hal ini dikarenakan selama dalam penggunaan mobil hybrid cenderung membakar bahan bakar minyak (BBM) lebih sedikit berkat kombinasi teknologi tersebut. Di samping itu dengan adanya kedua teknologi tersebut mobil hybrid juga memiliki suara dan getaran yang halus ketika mesin mobil sedang dihidupkan.

Beberapa produsen mobil di dunia sampai saat ini terus mengembangkan teknologi mobil hybrid. Bahkan ada juga yang memberikan pengisian baterai pada mobil yang dapat digunakan untuk melaju sampai dengan jarak 150 mil atau sekitar 241 km sebelum beralih menuju jenis mesin menggunakan BBM. Untuk perjalanan jarak pendek pengguna dapat menggunakan tenaga yang berasal dari baterai yang sudah disiapkan khusus.

Berkat kemajuan teknologi ini nampaknya membuat manusia sadar betapa bahayanya jika polusi asap kendaraan yang dapat menyebabkan pemanasan global. Di samping terus mengembangkan teknologi mobil hybrid, beberapa perusahaan besar di dunia juga mengembangkan teknologi mobil dengan sumber energi alternatif lainnya seperti mobil hybrida hydrogen yang juga tak kalah canggih dengan teknologi ini.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai teknologi hybrid pada mobil canggih yang dapat Anda ketahui. Meskipun memiliki berbagai kelebihan, teknologi hybrid pada mobil juga memiliki kelemahan salah satunya adalah biaya perawatan yang tergolong mahal karena tidak sederhana layaknya mobil konvensional yang hanya menggunakan BBM saja. Baca juga artikel mengenai Tips merawat mobil matic.