Teknik Dasar Bola Voli Lengkap

By Categories : Pendidikan

Bola voli merupakan salah satu cabang olahraga terkenal di dunia. Olahraga yang dimainkan 6 orang dalam setiap tim tersebut memerlukan kerja sama untuk memenangkan setiap pertandingan. Sama seperti cabang olahraga lainnya, permainan bola voli juga membutuhkan teknik dasar yang perlu dikuasai. Selain itu fisik, mental, dan taktik juga pelru dilatih. Pada kesempatan kali ini membahas mengenai beberapa teknik dasar bola voli. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak pembahasan yang satu ini.

Teknik Dasar Bola Voli Lengkap

Berikut Teknik Dasar Bola Voli Lengkap

Servis

Teknik dasar bola voli yang pertama adalah servis. Dalam permainan bola voli servis merupakan pukulan pertama pada bola untuk memulai permainan. Servis juga dapat menjadi kesempatan pemain untuk memasukkan bola ke daerah lawan. Jika bola tersebut masuk dan tidak bisa dikembalikan oleh pihak lawan maka akan mendapatkan poin. Servis dibedakan menjadi beberapa teknik diantaranya seperti :

  • Teknik Servis Bawah

Untuk teknik servis bawah dilakukan dengan memukul bola dengan kepalan tangan secara kuat. Servis dilakukan di garis paling belakang dengan mengarahkan bola ke daerah lawan. Dengan mengayunkan kepalan tangan ke arah bola dari bawah, servis bawah ini efektif dilakukan bagi mereka yang baru belajar bermain bola voli.

  • Teknik Servis Atas

Untuk teknik yang satu ini dilakukan dengan posisi salah satu kaki di depan dengan kedua lutut agak ditekuk. Bola dipegang kedua tangan, setelah itu bola dilambungkan kurang lebih 1 meter ke atas. Kemudian barulah mengayunkan telapak tangan dari belakang dengan menghadap ke dapan. Untuk teknik servis atas membutuhkan timing dan kekuatan agar bola dapat sampai ke daerah lawan.

  • Teknik Loncat Atas

Untuk teknik yang satu ini hampir sama dengan teknik servis atas. Bedanya adalah ketika bola dilemparkan ke atas, tubuh meloncat dan memukul bola dengan telapak tangan. Untuk teknik yang satu ini memang agak susah, mengingat memerlukan waktu yang pas saat meloncat dan memukul bola dengan telapak tangan. Baca Juga Teknik Dasar Bola Basket yang Wajib Diketahui

Passing

Teknik dasar bola voli berikutnya adalah passing. Passing berguna untuk mengoper dan menerima bola dari lawan. Passing dilakukan dengan teknik pasing bawah dan pasing atas. Untuk pasing bawah dilakukan dengan menggunakan kedua tangan yang dirapatkan dan diluruskan ke depan badan agar siap menerima bola. Sementara untuk passing atas dilakukan juga dengan melihat arah datangnya bola yang disertai meregangkan jari-jari tangan. Kenakan bola pada ujung jari yang diikuti dengan dorongan ke atas, sehingga bola akan melambung. Passing atas sangat efektif untuk membantu teman dalam melakukan smash.

Smash

Smash atau pukulan keras yang dilakukan ketika mendapatkan passing atas dari teman. Smash dilakukan secara keras dan tajam, agar lawan tak bisa mengembalikan bola. Terdapat hal-hal yang perlu diketahui dari smash bola seperti awalan, tolakan ketika bola berada di atas net. Setelah timing pas, pemain akan melakukan smash sekeras mungkin ke daerah lawan.

Block

Teknik dasar bola voli yang terakhir adalah blocking yang bertujuan untuk membendung serangan lawan terutama ketika lawan melakukan smash. Blocking dilakukan dengan kedua tangan yang direntangkan ke atas pada arah lawan yang akan melakukan smash. Block tidak hanya dilakukan 1 pemain saja, melainkan bisa 2 sampai 3 pemain. Blocking sukses dilakukan ketika smash lawan tidak masuk ke area pertahanan, tetapi justru kembali ke area lawan.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa teknik dasar bola voli lengkap yang dapat Anda ketahui. Baca Juga Teknik Dasar Renang Gaya Punggung Bagi Pemula

Loading...
terms: Teknik dasar bola voli, teknik dasar bola voli lengkap, teknik permainan bola voli, teknik bola volly lengkap, teknik dasar permainan bola voli, Teknik dasar bola volly, teknik bola voli, teknik dasar bola voly, teknik dasar voli, teknik teknik bola voli lengkap, 6 teknik bola voli, teknik dasar permainan bola voli lengkap