Teknik Dasar Bola Basket yang Wajib Diketahui

By Categories : Pendidikan

Olahraga basket merupakan salah satu olahraga paling terkenal di dunia selain sepak bola. Dalam permainannya terdapat beberapa teknik dasar bola basket yang perlu Anda ketahui. Teknik-teknik tersebut berguna untuk menunjang permainan, sehingga tidak hanya sekedar bermain saja. Olahraga ini dimainkan secara tim dengan 5 orang pada setiap timnya. Sebuah kunci sukses dalam permainan bola basket menjadi salah stau kunci keberhasilan tim dalam memainkan olahraga apapun termasuk bola basket. Nah lalu apa saja teknik utama dari bola basket? Langsung saja simak pada pembahasannya di bawah ini!

Teknik Dasar Bola Basket yang Wajib Diketahui

Berikut Teknik Dasar Bola Basket yang Wajib Diketahui

Teknik Dribbling (Menggiring)

Yang pertama adalah teknik dribbling atau menggiring. Teknik ini menjadi teknik dasar dari  bola basket yang perlu diketahui dan dipelajari saat akan memainkan olahraga basket. Teknik ini digunakan untuk membawa bola dengan cara digiring dan dibawa menuju daerah lawan dengan cara memantulkan bola ke tanah dengan menggunakan telapak tangan. Gunakan satu tangan saja dalam menggiringnya serta jangan gunakan kedua tangan. Secara umum dribbling dibedakan menjadi dua yakni dribbling rendah dan dribbling tinggi.

Teknik Passing (Mengoper)

Mengoper menjadi teknik dasar bola basket  berikutnya pada permainan ini. Teknik ini dilakukan ketika mendapat hadangan dari lawan, sehingga membutuhkan teman untuk melakukan pola penyerangan. Untuk melakukan passing atau mengoper ini dilakukan dengan dua tangan atau satu tangan saja. Tujuan passing adalah menjaga bola dari rebutan lawan yang bisa dilakukan dengan gerak tipuan. Pada dasarnya passing atau mengoper dapat dilakukan sebagai berikut.

  • Overhead Pass merupakan teknik passing dengan posisi bola yang berada di atas kepala. Untuk jenis passing ini biasanya dilakukan untuk serangan cepat dengan melempar bola jauh ke area lawan.
  • Chest Pass merupakan teknik passing dengan bola berada di depan atau sejajar dengan dada. Pada Chest Pass  ini menggunakan kedua tangan, dengan tujuan operan lurus kepada teman.
  • Baseball Pass merupakan teknik passing menggunakan tenaga cukup kuat dengan satu tangan saja.
  • Bounce pass merupakan teknik passing dengan memantulkan bola ke tanah yang kemudian diterima oleh teman. Teknik ini berguna untuk menghindari lawan, bisa menggunakan kedua tangan atau satu tangan.

Teknik Pivot

Untuk teknik ini bertujuan untuk mengelabuhi lawan dengan cara melakukan gerak tipu. Gerak tipu dilakukan dengan cara menggerakkan badan dengan menggunakan salah satu kaki sebagai tumpuan. Gerakan tersebut dibarengi dengan kedua tangan guna menjaga bola dari rebutan lawan.

Teknik Shooting (Menembak)

Setelah mendekati area pertahanan lawan, hal yang dilakukan adalah dengan menembakkan bola ke area ring musuh guna mencetak poin. Untuk teknik shooting atau menembak dapat dilakukan dengan kedua tangan, dengan satu tangan, dengan lompatan yang disertai berlari, atau juga lay up yang dilakukan dengan gerakan lari disertai beberapa langkah barulah meloncat ke ring lawan.

Nah itulah tadi beberapa teknik dasar bola basket yang perlu diketahui. Baca juga artikel mengenai Manfaat renang untuk kesehatan tubuh.