Tank Tercanggih di Dunia Saat Ini

By Categories : Teknologi

Tank merupakan kendaraan militer lapis baja yang dimiliki setiap angkatan militer suatu negara. Tank digunakan untuk pertempuran di daratan ketika proses diplomasi gagal yang mengharuskan opsi militer sebagai langkah terakhir. Saat ini sudah banyak negara-negara maju yang memproduksi tank dengan teknologi canggih yang dilengkapi dengan persenjataan modern.

Tank Tercanggih di Dunia

Berkat teknologi canggih membuat tank tersebut memiliki bandrol yang sangat mahal. Tak heran jika negara kaya yang hanya mampu mengimpor tank tersebut dari negara yang memproduksinya. Diantara banyaknya tank tempur saat ini, terdapat beberapa tank tercanggih di dunia dengan persenjataan yang lengkap. Lalu apa saja tank tersebut? simak pembahasannya di bawah ini!

Berikut Tank Tercanggih di Dunia Saat Ini

Leopard 2A7+, Jerman

Tank Leopard 2A7+, Jerman merupakan salah satu tank tercanggih di dunia saat ini yang digunakan oleh Angkatan Darat Jerman. Tank Leopard 2 merupakan tank penerus dari generasi pertama yang digunakan sebagai kendaraan tempur andalan Jerman Barat. Leopard 2A7+ dikembangkan oleh KMW tahun 2010 lalu digunakan oleh AD Jerman bersama pasukan Kanada dan Denmark pada saat perang Kosovo. Tank ini dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih termasuk peluncur granat 40 mm, rudal anti tank, pembersih ranjau, dan banyak lagi.

T-14 Armata, Rusia

Sebagai negara dengan kekuatan militer terkuat, Rusia memiliki banyak alutsista seperti tank. T-14 Armata merupakan tank terbaru yang dimiliki oleh Rusia. Terdapat sejumlah modernisasi yang diaplikasikan pada T-14 Armata. Tank terbaru ini menjadi tank pertama Rusia setelah produksi tank terakhir mereka yakni T-90 pada tahun 1993 lalu. T-14 Armata nampaknya akan diekspor ke berbagai negara di dunia dan menjadi pilihan utama Angkatan Darat Rusia. Kendaraan lapis baja ini dilengkapi dengan persenjataan lengkap termasuk meriam 125 mm.

Challenger 2, Inggris

Challenger 2 menjadi kendaraan tempur sekaligus andalan oleh negara Inggris. Challenger 2 dirancang dengan menggunakan teknologi modern yang bisa diaplikasikan langsung di berbagai medan daratan. Tank jenis Challenger 2 sudah terbukti ketangguhannya pada misi tempurnya di perang Kosovo, Bosnia dan Irak. Challenger 2 dilengkapi dengan persenjataan seperti senapan mesin 7,62 mm sampai dengan senjata utama meriam 120 mm.

Abrams M1A2, Amerika Serikat

Abrams M1A2 menjadi andalan Angkatan Darat Amerika Serikat yang dikembangkan oleh General Dynamics Land System. Abrams M1A2 dibuat berdasarkan pengalaman dari tank sebelumnya yakni M1A1 dengan penggabungan teknologi baru yang membuatnya memiliki peningkatan kemampuan daya tembak dan menjadikanya salah satu tank tercanggih di dunia. Abrams M1A2 dilengkapi dengan senjata canggih seperti meriam 120mm, amunisi caliber 7,62 mm, sampai dengan perlindungan dari senjata anti tank.

Merkava Mk.4, Israel

Tank tercanggih di dunia berikutnya adalah Merkava Mk.4 yang menjadi andalan negara Israel. Tank ini dilengkapi dengan sistem pertahanan akif Trophy (active Protection System) guna melindungi kru di dalamnya. Untuk persenjataan Merkava Mk.4 dilengkapi dengan meriam 120mm MG253, rudal anti tank, senapan mesin 12,7 mm, senapan mesin 7,62, dan juga peluncur granat 60 mm.

Nah itulah tadi beberapa tank tercanggih di dunia saat ini, untuk tank canggih lainnya seperti Type 99 (ZTZ-99) digunakan AD China, Type 10 (TK-X) digunakan oleh Jepang, Leclerc menjadi andalan Perancis. Baca juga artikel mengenai Produk Pindad yang mendunia.

Loading...