Tanda-tanda Kolesterol Tinggi di Dalam Tubuh

By Categories : Kesehatan

Kolesterol adalah zat lemak atau lipid yang memiliki peranan penting untuk menjaga tubuh tetap berfungsi secara normal. Selain dapat diproduksi secara alam di dalam hati, kolesterol juga dapat berasal dari makanan yang dikonsumsi setiap hari. Umumnya ada dua jenis kolesterol yaitu kolesterol LDL dan HDL. Kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) atau yang biasa disebut dengan kolesterol jahat adalah kolesterol yang dapat memicu penyakit jantung dan stroke.

Tanda-tanda Kolesterol Tinggi

Sedangkan kolesterol HDL (High Density Lipoprotein) adalah kolesterol baik yang tidak mengendap pada arteri serta memiliki fungsi untuk melindungi pembuluh darah dari aterosklerosis. Batas normal kolesterol di dalam tubuh adalah 160 hingga 200 mg. Berlebihnya kadar kolesterol memiliki dampak buruk pada kesehatan, oleh karena itu sangat penting mengetahui apa saja tanda-tanda kolesterol tinggi. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Inilah gejala kolesterol tinggi yang perlu diwaspadi

Sering sakit kepala

Tanda yang pertama adalah sering sakit kepala. Hampir setiap penyakit memiliki gejala awal sakit kepala, salah satunya yaitu ketika kolesterol di dalam tubuh tinggi. Namun banyak orang yang tidak mengetahui hal ini. Karena memang kolesterol tinggi tidak menimbulkan  gejala yang spesifik. Sakit kepala akibat kolesterol tinggi disebabkan karena suplai darah dan oksigen yang menuju ke otak terhambat akibat adanya penumpukan plak pada pembuluh darah.

Kelebihan berat badan

Kolesterol atau lemak yang menumpuk pada bagian tubuh tertentu, terutama di daerah perut merupakan efek samping dari terganggunya metabolisme lemak. Jika tidak segera diatasi hal ini dapat membuat berat badan semakin meningkat dan mengakibatkan kegemukan. Seseorang yang memiliki gaya hidup tidak sehat sangat rentan mengalami masalah yang satu ini.

Nyeri dada

Salah satu penyebab nyeri dada paling umum adalah karena kolesterol tinggi. Kolesterol tersebut akan menghambat sirkulasi darah karena terjadi penyempitan pada pembuluh darah. Jika terjadi penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah, tentu saja ini akan membuat jantung bekerja lebih keras dan efek samping yang dirasakan oleh penderita adalah rasa nyeri pada dada.

Penurunan kemampuan otak

Menurunnya kemampuan pada otak merupakan tanda-tanda kolesterol tinggi selanjutnya. Otak merupakan salah satu bagian tubuh yang menyimpan kolesterol paling banyak, yaitu hampir 25% kolesterol terdapat dalam bagian tubuh tersebut. Sehingga jika kadar kolesterol LDL tinggi, tentu saja hal ini akan mempengaruhi metabolisme lemak yang pada akhirnya otak akan menerima efek samping, seperti penurunan memori otak, memicu alzheimer dan juga mudah emosi.

Nyeri pada kaki

Selanjutnya adalah nyeri pada kaki. Nyeri pada kaki  terjadi karena tersumbatnya arteri, sehingga aliran darah yang menuju  ke kaki menjadi terhambat. Selain itu, seseorang yang memiliki kolesterol tinggi biasanya mengeluhkan bahwa kaki terasa berat dan letih ketika digunakan.

Demikianlah ulasan mengenai tanda-tanda kolesterol tinggi di dalam tubuh. Untuk menghindari hal tersebut Anda dapat mengonsumsi makanan penurun kolesterol. Cara ini tentu lebih baik karena berbahan alami.

Makanan penurun kolesterol terbaik

Oatmeal

Makanan ini mengandung serat larut yang mampu mengurangi kolesterol jahat pada tubuh. Serat larut juga dapat ditemukan pada pisang, apel, pir, serta kacang merah. Cara kerja dari serat larut adalah mampu mengurangi penyerapan kolesterol pada aliran darah. Hal ini berguna agar kolesterol tersebut tidak menumpuk di pembuluh darah.

Anggur merah

Makanan ini sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol di tubuh. Studi yang dilakukan di negara Spanyol menemukan jika terdapat penurunan kadar LDL sebesar 9-12% pada seseorang yang mengonsumsi buah anggur.

Ikan

Ikan dengan asam lemak omega-3 seperti pada ikan kembung, tuna, sarden, dan ikan salmon mampu menurunkan kolesterol jahat. Kandungan omega 3 juga sangat baik untuk kesehatan jantung serta menurunkan risiko terjadinya pembekuan di dalam darah dan mencegah kematian mendadak akibat jantung.

Kacang-kacangan

Jika Anda mengalami gejala kolesterol tinggi, Anda dapat mengonsumsi kacang-kacangan. Beberapa kacang-kacangan yang baik dikonsumsi adalah kacang almond dan kenari. Kandungan asam lemak pada kacang almond dan kenari juga dapat menjaga kesehatan pembuluh darah. Jika ingin mendaptkan hasil maksimal hindari makan kacang-kacangan yang sudah tercampur garam dan gula.

Teh hitam

Selain digunakan untuk obat pencegah kanker, teh hitam juga dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Penelitian yang dilakukan oleh USDA, teh hitam mampu menurunkan kolesterol hinga 10% dalam waktu 3 minggu. Teh hitam juga cocok untuk Anda yang sedang menjalani program diet.

Alpukat

Buah yang satu ini merupakan sumber dari lemak tidak jenuh tunggal, yang merupakan jenis lemak yang mampu membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL sambil menurunkan kadar kolesterol jahat. Alpukat mengandung lemak nabati yang dapat mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Namun Anda juga disarankan untuk tidak terlalu sering mengonsumsi alpukat karena tinggi kalori dan lemak.