Tanaman Pengusir Nyamuk yang Dapat Anda Coba

By Categories : Tips

Di musim yang tidak menentu seperti saat ini pastinya semua rumah akan rentan terhadap serangan nyamuk. Selain dapat mengganggu seperti suara bising di telinga saat tidur, kulit terasa gatal dan merah, nyamuk juga dapat membahayakan kesehatan seperti penyakit malaria, demam berdarah serta chikungunya. Saat ini banyak beredar bahan kimia untuk pengusir nyamuk. Namun, jika hal ini digunakan setiap hari tentunya juga sangat tidak baik untuk kesehatan.

Tanaman Pengusir Nyamuk

Apalagi jika Anda memiliki anak kecil, tentunya hal ini sangat berbahaya jika digunakan secara terus menerus. Maka dari itu, sebaiknya Anda beralih dari bahan kimia ke bahan alami. Tahukah Anda ada beberapa tanaman hias yang dapat Anda gunakan untuk mengusir nyamuk? Berikut adalah tanaman pengusir nyamuk yang dapat Anda coba. Karena selain dapat mengusir nyamuk, tanaman tersebut juga dapat mempercantik rumah Anda.

Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh

Geranium (Pelargonium Hortorum)

Di Indonesia sendiri Geranium lebih dikenal dengan nama tapak dara. Kandungan sitroneol dan geraniol pada tanaman ini sangat ampuh untuk mengusir nyamuk yang ada di dalam rumah Anda. Bahkan tanaman ini juga sudah digunakan untuk pembuatan lotion anti nyamuk. Tak hanya itu, sebuah penelitian menyatakan bahwa ekstrak dari bunga Geranium Radula juga dapat mengusir nyamuk Aedes Aegypti. Untuk menggunakan bunga ini, Anda dapat meletakannya pada ruangan masuknya angin. Sehingga daun bunga ini dapat bergesekan dan menghasilkan aroma yang tidak disukai para nyamuk.

Lavender

Tanaman yang satu ini memang sudah dikenal sejak lama sebagai bahan baku dalam pemuatan lotion pengusir nyamuk. Kandungan zat linalool dan lynalyl acetat pada bunga lavender adalah zat yang tidak disukai oleh nyamuk, sehingga menggunakan lavender sebagai tanaman anti nyamuk adalah hal yang tepat. Selain dapat digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk dalam rumah, tanaman yang berasal dari pegunungan Alpen Swiss ini juga dapat digunakan untuk aroma terapi. Ini karena bunga lavender mengandung minyak atsiri di dalamnya.

Rosemary

Apakah Anda mengetahui bau dari minyak telon? Jika iya, Anda sudah mengetahui seperti apa bau dari Rosemary itu sendiri. Ya, Rosemary memiliki bau yang sama seperti minyak telon pada umumnya. Seperti yang Anda ketahui nyamuk sangat tidak suka menyukai bau tersebut. Tanaman ini dapat tumbuh baik jika di bawah sinar matahari secara langsung. Maka dari itu, jika Anda ingin menggunakannya, Anda dapat menaruhnya dekat jendela agar terkena sinar matahari setiap harinya.

Zodia

Tanaman pengusir nyamuk paling ampuh selanjutnya adalah Zodia. Tanaman yang masuk dalam family Rutaceae ini mengandung zat rutaecarpine dan evodiamine yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. Maka dari itu, tanaman asli Papua ini sering digunakan sebagai pengusir nyamuk serta serangga. Sama seperti bunga Geranium, Anda dapat meletakkan bunga ini di daerah masuknya angin agar baunya dapat menyebar ke seluruh ruangan. Namun sebaiknya tanaman ini tidak digunakan pada ruangan sempit, karena dapat menyebabkan pusing.

Nah itulah beberapa tanaman pengusir nyamuk yang dapat Anda coba. Baca juga artikel menarik lainnya Cara bertanam sayur mayur di polybag.

loading...