Tambang Emas Terbesar di Dunia

By Categories : Umum

Sudah sejak zaman dahulu, tambang emas menjadi incaran dan diperebutkan oleh berbagai macam kelompok. Hingga saat ini juga nasib tambang emas masih menjadi incaran karena dalam satu tambang emas mampu menghasilkan uang hingga triliunan rupiah. Tentu ini menjadi ara pengembang tambang emas di seluruh dunia.

Di Indonesia terdapat beberapa tambang emas yang tersebar di beberapa daerah. Namun yang paling besar adalah Grasberg dengan operatornya PT Freeport yang berada di Papua. Tambang emas ini konon merupakan yang terbesar di dunia.

Tambang Emas Terbesar di Dunia

Berikut tambang emas terbesar di dunia

  1. Grasberg

Tambang emas ini berada di Papua, Indonesia dengan operator bernama PT Freeport Indonesia. Dalam setahun, salah satu tambang emas terbesar di dunia ini mampu menghasilkan 1.440 juta troy ounces dan memiliki cadangan 29,8 juta troy ounces emas dan 1,35 miliar ton material bijih yang memiliki kandungan mineral berharga. Jumlah tenaga kerja di tambang emas ini berjumlah 20.000 orang.

Keberadaan Freeport di Indonesia menjadi pro dan kontra, mulai dari lingkungan dan juga keuntungan emas yang didapat tidak berdampak besar bagi kualitas hidup masyarakat sekitar. Perusahaan yang memiliki induk di Amerika Serikat ini akan habis kontraknya pada 2021dan sedang menuggu perpanjang kontrak oleh Pemerintah RI hingga 2041.

  1. Cortez

Tambang emas terbesar di dunia selanjutnya adalah Cortez. Tambang emas ini berada di Nevada Amerika Serikat. Cortez dioperatori ole Barrick Gold Corporation dengan produksi 1.421.000 troy ounces dengan cadangan emas 14,5 juta troy ounces.  Perusahaan tambang ini memiliki jumlah tenaga kerja sebanyak 17.500 orang dan merupakan salah satu tambang emas tertua karena sudah beroperasi sejak tahun 1862.

Ada tiga operasi tambang emas di tempat ini yaitu Pipeline, South Pipeline, dan Cortez Hlls. Pipeline dan South Pipeline merupakan tambang terbuka, sedangkan Cortez Hills masih dalam konstruksi untuk penambangan bawah tanah.

  1. Veladero

Berlokasi di Argentina dengan operator Barrick Gold Corporation ini memiliki jumlah tenaga kerja sebesar 17.500 orang. Dalam setahun tambang emas terbesar di dunia ini mampu memproduksi 900.000 troy ounces dengan cadangan emas sebanyak 12,3 juta troy ounces. Tambang emas ini mampu memberikan banyak kontribusi ekonomi terhadap provinsi San Juan, misalnya mengurangi pengangguran, masalah pendidikan, dan mengurangi tingkat kemiskinan.  Namun upaya untuk pemutusan kontrak sering terjadi, baik dari pemerintah maupun masyarakat sekitar.

  1. Goldstrike

Tambang emas terbesar di dunia selanjutnya adalah Goldstrike yang berlokasi di Nevada, Amerika Serikat.  Tambang ini mampu memproduksi 17 juta troy ounces dengan cadangan emas hingga mencapai 9,6 juta troy ounces. Jumlah tenaga kerjanya sekitar 17.500 orang. Tambang emas ini berada di wilayah yang terkenal dengan  wilayah emas. Proses penambangan dilakukan menggunakan dua cara, yaitu penambangan emas terbuka, dan tembang emas bawah tanah.