Taman Nasional Komodo, Wisata Labuan Bajo yang Mendunia

By Categories : Wisata

Taman Nasional Komodo merupakan salah satu wisata Labuan Bajo yang berada di Kepulauan Nusa Tenggara. Sebenarnya tak hanya Pulau Komodo saja, di taman nasional tersebut juga terdapat pulau lainnya seperti Pulau Motang, Pulau Rinca, Pulau Padar dan pulau-pulau kecil lainnya. Secara administratif, pulau ini terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat yang berbatasan langsung dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jika kemarin sudah membahas mengenai Keindahan Pulau Padar, nah kali ini akan membahas mengenai keindahan Pulau Komodo.

Siapa yang tidak tahu Pulau Komodo? Setiap orang tentu saja mengetahuinya, dan bahkan tempat wisata ini telah diakui dunia menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Maka jangan heran jika pulau ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik dari dalam ataupun luar negeri.

Pulau Komodo sendiri merupakan habitat asli dari komodo, sejenis kadal raksasa pemakan daging. Mangsa komodo sendiri adalah babi, rusa, kerbau, musang, kuda dan juga beruk. Perlu diketahui jika di pulau ini Anda bisa menjumpai lebih dari 2.000 ekor komodo yang hidup di alam bebas. Oleh karena itu jika berkunjung ke sini jangan lupa untuk berkeliling bersama dengan pemandu agar keselamatan tetap terjaga.

Komodo sediri merupakan binatang reptil yang memiliki panjang  sekitar 2 hingga 3 meter dengan berat 100 sampai 165 kg. Binatang yang memiliki nama ilmiah Varanus Komodoensis ini memiliki kuku yang taham, lidah bercabang dua dan kulit keras dan bersisik.taman-nasional-komodo-wisata-labuan-bajo-yang-mendunia

Menikmati Keindahan Pulau Komodo, wisata Indonesia yang mendunia

Setelah sampai di Pulau Komodo, lantas apa yang harus kita lakukan untuk menghabiskan waktu? Di Pulau Komodo, ada banyak sekali yang bisa dilakukan. Diantaranya yaitu:

Baca juga menikmati keindahan Pulau Padar, wisata Labuan Bajo yang paling keren

Trekking

Ya, salah satu kegiatan yang jangan sampai terlewatkan adalah trekking. Di sini tak hanya berisi komodo saja. di Pulau Komodo sendiri juga ada banyak sekali binatang liar lainnya seperti biawak, berbagai spesies burung, ular, kuda, rusa dan masih banyak lagi. Trekking di Pulau Komodo juga merupakan salah cara terbaik untuk menikmati keindahan alam yang ada di sana.

Ketika memutuskan untuk trekking, biasanya pengunjung akan diajak pemandu untuk mendaki Gunung Ara yang memiliki ketinggian 538 mdpl. Pemandu juga akan mengajak Anda untuk melewati Water Hole. Water Hole sendiri merupakan tempat minum dan istirahat para komodo. Maka  jangan heran ketika mengunjungi tempat tersebut Anda akan disuguhi pemandangan para komodo yang sedang istirahat ataupun minum.

Untuk jalur trekkingnya sendiri pun ada 4 jalur, mulai dari short, medium, long hingga adventure. Masing-masing trekking memiliki keunikan tersendiri sehingga tak akan membuat pengunjung merasa bosan. Saat trekking, pemandu akan memberikan tongkat yang bercabang dua.

Tongkat tersebut dipercaya dapat melemahkan komodo. Dan jika komodo menyerang tiba-tiba, ujung tongkat yang bercabang tersebut digunakan untuk menekan leher komodo, dalam sekejap komodo akan berhenti menyerang.

Snorkeling dan Diving

Siapa yang tidak menyukai dua kegiatan ini? Selain di Raja Ampat ataupun di Karimun Jawa, di Taman Nasional Komodo tepatnya di Pulau Komodo ini Anda juga bisa menikmati keindahan alam bawah laut Indonesia. Di salah satu tempat wisata Indonesia yang mendunia ini Anda bisa melihat keindahan 70 jenis bunga karang, 386 jenis terumbu karang dan juga rumput laut.

Perlu diketahui pula bahwa alam bawah laut Pulau Komodo dan Taman Nasional Komodo disebut sebagai salah satu lokasi menyelam terbaik di dunia. maka tak ada salahnya jika ada waktu menyempatkan diri untuk berkunjung ke Pulau Komodo.

Dari sekian banyak spot menyelam yang ada di sana, ada beberapa spot yang benar-benar memiliki keindahan alam bawah laut yang sangat mempesona. Apa saja spot tersebut? berikut ulasannya.

  • Toko Toko

Spot atau titik menyelam terbaik yang pertama adalah Toko Toko atau istana batu dalam air. Spot ini berapa di kedalaman 7 meter di atas permukaan laut.  Di sini para penyelam akan disuguhi pemandangan terumbu karang yang warna-warni dan berbagai ikan yang berenang di antara batu karang. Sangat mengasyikkan bukan?

Batu Samsia

Yang kedua adalah Batu Samsia.  Batu Samsia merupakan spot menyelam yang menjadi favorit bagi para pengunjung. Di sini Anda bisa berinteraksi dengan kura-kura, hiu dan aneka macam ikan kecil lainnya. Bagaimana? Tertarik untuk mengunjunginya?

Crystal Rock

Selain Batu Samsia, spot ini juga menjadi titik menyelam favorit bagi para penyelam terutama bagi para pemula. Sebab Crystal Rock ini berada di kedalaman 5 meter saja. meskipun begitu Anda masih bisa menikmati keindahan alam bawah laut. di sini Anda bisa menemukan katak ikan, Parrotfih, Barramundi Cod dan jenis ikan lainnya.

Baca juga hotel Labuan Bajo berstandart Internasional harga untuk backpacker

Nah itulah beberapa hal yang bisa dilakukan di Taman Nasional Komodo dan sekitarnya.