Tahapan Persiapan Pernikahan

By Categories : Umum

Pernikahan adalah acara yang sakral. Sehingga dengannya perlu persiapan untuk melakukannya. Kira-kira tahapan persiapan apa saja yang ada pada pernikahan? Simak ulasan berikut agar Anda tahu informasinya!

Inilah Persiapan Menikah yang Perlu Diketahui

  1. Menyiapkan kebutuhan uang. Menyiapkan uang adalah tahapan persiapan pernikahan yang pertama harus Anda perhatikan dan perhitungkan. Tentunya, Anda perlu menyiapkan tentang kebutuhan-kebutuhan seperti biaya mas kawin atau mahar, biaya sewa gedung jika menjalankan acara resepsi di luar rumah Anda, biaya pesta untuk keperluan pencetakan undangan, persiapan makanan untuk undangan hingga kebutuhan pesta yang lainnya. Jika keuangan Anda sudah mumpuni untuk mencakup semua hal tersebut, Anda tidak akan merasa resah. Namun, bagi Anda yang merasa belum mampu untuk mencukupinya maka ada baiknya anda mulai bekerja ekstra giat mulai dari sekarang agar kelak kebutuhan uang tersebut tercukupi saat waktunya telah tiba.Tahapan Persiapan Pernikahan
  2. Menyiapkan tempat pernikahan. Tahapan persiapan pernikahan yang selanjutnya adalah dengan menyiapkan atau merencanakan tempat akan dilangsungkannya pernikahan. Bagi Anda yang memiliki banyak uang maka tidak ada salahnya jika memilih untuk menyewa gedung yang digunakan untuk acara resepsi pernikahan. Namun demikian bagi Anda yang memiliki jumlah uang terbatas maka sebaiknya anda menentukan lokasi resepsi di rumah karena hal ini tentu akan lebih baik untuk Anda. Karena dari pada uang dihamburkan untuk kebutuhan resepsi yang hanya beberapa waktu saja, disimpan untuk kehidupan baru yang akan Anda jalani bersama pasangan Anda, bukan?
  3. Membuat daftar undangan. Undangan adalah sesuatu yang penting bagi sebuah kegiatan pesta. Nah, di sini Anda perlu merancang dan merencanakan siapa saja yang akan menghadiri momen istimewa anda tersebut. Anda dapat memulainya dari sahabat-sahabat dekat yang Anda miliki, keluarga, tetangga dan orang-orang yang Anda inginkan lainnya. Membuat daftar undangan ini juga penting untuk menyiasati agar Anda dapat menentukan jumlah anggaran yang diperlukan sekaligus untuk memastikan bahwa tidak ada orang dekat yang terlewatkan dalam undangan Anda nantinya.
  4. Menyiapkan baju pernikahan. Bagi sebagian orang baju pernikahan adalah sesuatu hal yang penting. Mereka tentu mengharapkan bahwa pernikahan adalah acara sacral yang akan terjadi sekali dalam seumur hidup mereka. Sehingga dengannya perlu disiapkan secara matang termasuk untuk urusan baju pengantin. Dengan asumsi menikah sekali seumur hidup tersebut tentu membeli baju pengantin atau memesan pada desainer akan membuat moment pernikahan akan lebih dikenang. Tetapi, lain bagi Anda yang memiliki budget terbatas. Maka sebaiknya memilih untuk menyewa baju pernikahan saja karena itu akan terasa lebih hemat.
  5. Menyiapkan mahar atau mas kawin. Keperluan yang satu ini merupakan keperluan wajib dalam sebuah pernikahan. Namun dengannya Anda tak perlu menyiapkan sesuatu yang berharga mahal jika Anda tidak mumpuni dalam hal itu. Sejatinya mas kawin yang indah adalah mas kawin yang mampu memberikan kesakralan pada pernikahan yang anda jalani.

Demikian yang dapat saya uraikan, semoga bermanfaat!

Loading...
terms: gambar persiapan pernikahan