Tahap Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi 5 Bulan

By Categories : Umum

Setiap orang tua pasti mengharapkan buah hati mereka tumbuh dan berkembang dengan normal menurut usia mereka. Pada umumnya seorang bayi yang memasuki perkembangan bayi 5 bulan tentu saja sudah dapat melakukan berbagai macam eksperimen seperti memainkan lidahnya, bersuara serta sudah dapat mengeluarkan suara saat tertentu. Untuk mengetahui perkembangannya yang lebih detail, berikut adalah beberapa tahap pertumbuhan dan perkembangan bayi di usia 5 bulan.

Tahap Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi 5 Bulan

Beberapa tahapan perkembangan bayi 5 bulan

Belajar duduk

Saat bayi berusia 5 bulan, si kecil sudah mulai belajar duduk. Ia akan berusaha menegakkan tubuhnya untuk duduk dengan posisi yang condong ke depan dan dengan dibantu oleh topangan dari lengannya. Bayi yang berusia 5 bulan belum memiliki punggung yang kuat untuk duduk, sehingga saat duduk mereka belum bisa dalam posisi tegak. Oleh karena itu bantulah si kecil dengan memberikannya sandaran yang berupa bantalan ataupun tubuh orang dewasa pada punggungnya.

Mengeluarkan suara tertentu

Yang kedua adalah dapat mengeluarkan suara-suara tertentu. Saat si kecil mengeluarkan suara-suara pastikan Anda selalu memberikannya tanggapan, dengan begitu si kecil akan lebih semangat dalam melakukan komunikasi dengan Anda. Namun jangan kaget bila si kecil mengeluarkan suara-suara yang berbeda dari biasanya. Hal ini menandakan bahwa dia sedang lapar ataupun ingin bermain.

Dapat tengkurap dengan baik

Perkembangan bayi 5 bulan selanjutnya adalah memiliki kemampuan tengkurap yang lebih baik. Sebagain besar, bayi yang berusia 5 bulan sudah mampu menggulingkan tubuhnya dari posisi telentang menjadi tengkurap. Jika ia sudah mampu melakukan hal ini, langkah selanjutnya ia akan mencoba untuk menggerakkan kakinya untuk berlanjut ke tahap selanjutnya yaitu merangkak dan bergerak maju. Jika sudah begitu, para orang tua harus melakukan pengawasan yang ketat terlebih lagi jika hal tersebut dilakukan di tempat tidur.

Memukul benda

Bayi yang berusia 5 bulan juga sangat senang sekali memukul dan membenturkan benda ke lantai ataupun ke benda lainnya. Oleh karena itu jika si kecil melakukan hal ini sebaiknya Anda membiarkannya. Ini karena hal tersebut merupakan salah satu tahapan perkembangan untuk merangsang gerakan lengannya. Suara-suara yang ditimbulkan dari benda tersebut pun dapat membuat bayi lebih senang.

Mengenal warna

Meskipun belum cukup sempurna, si kecil sudah mampu melihat dengan baik dalam berbagai jarak. Si kecil sangat tertarik dengan mainan yang memiliki warna-warni, tapi ia akan lebih menyukai warna primer, seperi biru, kuning dan juga merah.

Tertarik melihat makanan

Perkembangan bayi 5 bulan berikutnya adalah ia tertarik saat melihat makanan, saat Anda membawa makanan di piring mungkin ia akan tertarik dan mencoba mengambilnya lalu memasukkannya ke dalam mulut. Akan tetapi bayi usia 5 bulan masih tetap diberi ASI ekslusif, oleh karena itu sebaiknya Anda jangan membiarkan dia memakan makanan sebelum saatnya.

Demikianlah ulasan mengenai tahap pertumbuhan dan perkembangan bayi 5 bulan. Baca juga artikel mengenai Cara mengatasi perut kembung pada bayi.