Sungai Paling Berbahaya di Dunia

By Categories : Umum

Aliran sungai kerap kali dimanfaatkan oleh manusia untuk berbagai kebutuhan salah satunya adalah sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air yang berasal dari aliran sungai yang deras. Tidak hanya itu saja, aliran sungai yang deras terkadang dijadikan sebagai objek wisata arung jeram bagi mereka yang menyukai tantangan.

Sungai Paling Berbahaya di Dunia

Namun, tahukah Anda bahwa di dunia ini terdapat beberapa sungai yang dianggap berbahaya karena suatu alasan. Oleh sebab itu ketika pengunjung datang ke tempat tersebut sebaiknya perlu berhati-hati bahkan menghindarinya. Lalu apa saja sungai paling berbahaya di dunia? Langsung saja simak pada pembahasannya di bawah ini!

Berikut Sungai paling Berbahaya di Dunia

Sungai Amazon

Salah satu sungai paling berbahaya di dunia adalah sungai Amazon yang terletak di Amerika Selatan. Sungai ini memang dianggap memiliki tingkat berbahaya yang tinggi. Selain berbahaya, sungai Amazon juga terlihat mengerikan dengan lebar, bentuk yang panjang, serta volume tipis. Ketika musim penghujan, sungai ini dapat meluap dengan volume air yang besar. Selain itu di sungai ini juga terkenal dengan berbagai binatang buas yang bisa menyerang manusia kapan saja seperti ular, buaya, dan ikan piranha yang merupakan salah satu ikan paling berbahaya di dunia.

Sungai Orinico

Sungai paling berbahaya berikutnya adalah sungai Orinico yang terletak di Amerika Selatan. Sungai yang satu ini memiliki panjang mencapai 1.330 mil yang berada di peringkat ketiga dalam sungai terpanjang di dunia. Sungai Orinico dapat mengalir dari negara Venezuela menuju Colombia. Yang berbahaya dari sungai Orinico ini adalah memiliki gelombang yang cukup tinggi, sehingga dapat mengancam siapa saja. Di samping itu tentu juga terdapat beberapa hewan liar penghuni dari sungai ini.

Sungai Kongo

Sungai paling berbahaya di dunia berikutnya adalah bernama sungai Kongo yang terketak di Afrika Tengah dengan ukuran panjang sekitar 2992 mil. Meski memiliki pemandangan alam sekitar yang indah, melakukan perjalanan melalui sungai ini tentu bukan merupakan ide baik. Ini dikarenakan sungai Kongo terhubung langsung dengan lembah tajam yang bisa berakhir pada air terjun yang tinggi dan curam. Oleh sebab itu tak heran jika sungai Kongo masuk ke dalam salah satu daftar sungai paling berbahaya.

Sungai Brahmaputra

Sungai Brahmaputra terletak di sebelah barat selatan dari Tibet yang merupakan sungai dengan panjang mencapai 1800 mill. Sungai ini dapat mengalir melalui Tibet, Cina, Bangladesh dan juga India. Sungai ini juga memiliki pemandangan alam sekitar yang indah. Tetapi hal tersebut berbeda ketika musim penghujan tiba, ini dikarenakan air di dalam sungai dapat meluap yang mengakibatkan daerah di sekitarnya mengalami kebanjiran dengan arus yang deras. Oleh sebab itu sungai ini sangat berbahaya terutama ketika di musim penghujan.

Demikianlah tadi beberapa daftar sungai paling berbahaya di dunia yang bisa Anda ketahui. Masih banyak sungai lain yang juga memiliki tingkat berbahaya yang sangat tinggi. Baca juga artikel mengenai Jembatan paling mengerikan di dunia.