Sumber Protein Tinggi Pada Makanan

By Categories : Makanan

Protein merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting dan diperlukan bagi tubuh. Ini karena protein memiliki fungsi untuk membentuk dan menambah masa otot tubuh Anda, tentunya fungsi tersebut sangat penting bagi seorang atlet ataupun seorang binaragawan. Selain untuk membentuk otot, protein juga berguna sebagai cadangan makanan dan energi dalam tubuh dan membantu hormon untuk proses pencernaan.
Seseorang yang kekurangan protein, akan berakibat fatal bagi pertumbuhan dan kesehatannya. Berikut adalah dampak dari kekurangan protein yang sering terjadi.

Sumber Protein Tinggi Pada Makanan

  • Gangguan pertumbuhan.
  • Busung lapar.
  • Kerontokan rambut.
  • Kekurangan protein yang berkelanjutan dapat menyebabkan marasmus dan kematian.

 

Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya Anda memenuhi kebutuhan protein dengan tepat. Setiap orang dewasa, wajib memenuhi kebutuhan protein 1 gram/kg berat badan dalam setiap harinya. Namun bagi seorang atlet dan ibu hamil kebutuhan proteinnya pun akan bertambah setiap harinya. Berikut adalah sumber protein tinggi pada makanan yang dapat Anda coba.

Sumber Protein Tinggi yang Perlu Anda Ketahui

Sirloin atau daging sapi

Jika Anda merupakan salah satu orang pecinta steak, pastinya Anda tidak asing dengan nama yang satu ini. Sirloin merupakan bagian daging sapi yang sering digunakan untuk membuat steak. Selain dagingnya yang lembut, sirloin juga merupakan daging tanpa lemak yang sehat untuk dikonsumsi. Dan tentunya harga dari steak sirloin lebih murah dibandingkan dengan steak lainnya.

Telur

Sumber protein tinggi selanjutnya adalah telur. Sejak dulu telur memang merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan protein. Sebutir telur rebus yang Anda konsumsi mengandung tujuh gram protein dan hanya dua gram lemak jenuh. Namun jika Anda menghindari lemak jenuh, Anda dapat menyingkirkan kuning telur dan hanya mengonsumsi putihnya saja. Kuning telur yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan naiknya kadar kolesterol dalam darah.

Susu murni

Pada umumnya kandungan protein dalam susu murni tidak sebesar dengan telur. Akan tetapi meskipun memiliki kadar protein dengan jumlah yang kecil, protein dalam susus mengandung asam amino esensial yang sangat diperlukan untuk tubuh.

Ikan segar

Siapa yang tidak menyukai jenis makanan yang satu ini? Selain rasanya yang enak, ikan juga memiliki kandungan protein. Tak hanya protein saja, ikan juga kaya akan asam lemak omega 3. Meskipun jenis lemak, Anda tidak perlu khawatir, asam lemak omega 3 merupakan lemak baik yang dapat digunakan untuk meningkatkan fungsi otak.

Udang

Makanan kaya protein selanjuntya adalah udang. Dalam 100 gram udang mentah ini mengandung 20, 3 gram protein. sehingga hal ini akan membantu Anda untuk mencukupi kebutuhan protein harian sebanyak 41%.

Nah itulah beberapa sumber protein tinggi yang dapat Anda coba. Baca juga artikel tentang Makanan untuk meingkatkan hemoglobin.

Loading...