Sumber Makanan Yang Mengandung Vitamin D

By Categories : Makanan

Sinar Matahari adalah sumber vitamin D yang mudah kita peroleh sehari-hari hanya dengan terpapar sinar matahari selama 20-35 menit sehari saja sudah memberikan perbedaan yang besar. Vitamin D memiliki banyak manfaat seperti memperkuat tulang, meningkatkan sistem imun, mencegah flu, mencegah diabetes, menurunkan depresi, serta mencegah menurunnya daya ingat diusia muda. Karena kebutuhan vitamin D yang kecil dan dan banyak makanan sumber vitamin D, berdasarkan Institute of Medicine Amerika kebanyakan orang sudah mendapatkan vitamin D yang cukup dalam diet harian.

Sumber Makanan Yang Mengandung Vitamin D

Berikut ini adalah beberapa makanan yang mengandung vitamin D

Lemak Ikan

Lemak ikan merupan sumber vitamin D yang cukup bagus. Ikan yang direkomendasikan antara lain ikan Tuna, ikan Salmon, ikan kembung dan belut mengandung vitamin D sekaligus mengandung beberapa asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh seperti omega 3. Rekomendasi asupan harian vitamin D adalah 600 UI (international unit), 3 ons daging salmon fillet mengandung kurang lebih 450 UI.

Jamur

Makanan yang mengandung vitamin D selanjutnya adalah jamur. Seperti manusia, jamur juga memiliki kemampuan untuk memproduksi vitamin D jika terpapar sinar ultraviolet. Jamur yang tumbuh di lingkungan gelap tidak memproduksi vitamin D jadi pastikan pilih jamur yang hidup di tempat yang terang.

Susu dan Keju

Manfaat susu untuk tubuh memang sangat banyak. Susu merupakan minuman penuh nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan baik untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan. Salah satu nutrisi penting dalam susu adalah vitamin D. Segelas susu mengandung kurang lebih 100IU vitamin D. Tidak hanya susu tetapi produk-produk turunan susu seperti keju juga memiliki kadar vitamin D yang cukup tinggi. Vitamin D terbanyak ditemukan pada jenis keju ricotta.

Udang dan Tiram

Suka makanan laut? Yap, lezat dan bergizi. Selain minyak ikan yang sudah dibahas di atas, udang dan tiram juga merupakan makanan yang mengandung vitamin D yang dapat mencukupi kebutuhan harian Anda. 85 gram udang mengandung kurang lebih 130UI vitamin D. Tiram bahkan memiliki kandungan yang lebih tinggi. Setiap 85 gram tiram mengandung kurang lebih 272 UI vitamin D.

Kedelai

Lidah orang Indonesia sangat akrab dengan bahan makanan ini karena tahu dan tempe adalah makanan rakyat Indonesia yang sangat sering dihidangkan di meja makan. Kita bisa menemukan vitamin D di dalam kedelai jadi kita tidak perlu khawatir karena sumber vitamin D ada dalam makanan sehari-hari yang biasa dihidangkan di meja makan.

Itulah beberapa sumber makanan yang mengandung vitamin D. Selain vitamin D, kita juga perlu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan berbagai macam vitamin, mineral, karbohidrat, lemak baik dan protein. Meningkatkan pengetahuan tentang gizi adalah salah satu investasi penting dalam membangun kesehatan jadi tambah terus pengetahuan tentang gizi. Baca artikel kami yang lain ya.

loading...