Sumber Energi Terbarukan dan Ramah Lingkungan

By Categories : Pendidikan

Di bumi ini terdapat berbagai sumber energi yang dimanfaatkan oleh manusia dalam berbagai hal yang berguna untuk melangsungkan hidup. Terdapat dua sumber energi di bumi yakni sumber energi terbarukan dan sumber energi tak terbarukan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Di bumi memiliki sumber energi terbarukan yang jumlahnya sangat melimpah dibanding sumber energi tak terbarukan yang dalam arti dapat habis.

Sementara untuk energi terbarukan merupakan energi yang dapat pulih kembali paska digunakan secara alami. Energi ini diperoleh dari sumber energi alami dan jumlahnya tidak akan habis meski digunakan secara terus, asalkan dikelola dengan benar. Konsep dari energi terbarukan telah dikenal sejak beberapa tahun silam tepatnya di era 70-an. Selain ramah lingkungan, energi terbarukan juga membantu mengurangi polusi udara. Lantas apa saja sumber energi terbarukan dan ramah lingkungan? Simak ulasannya berikut ini!

Sumber Energi Terbarukan dan Ramah Lingkungan

Berikut Energi Terbarukan dan Ramah Lingkungan

Panas Bumi

Sumber energi panas bumi atau dikenal geothermal merupakan salah satu sumber energi berupa panas yang terletak dan disimpan di dalam bumi. Energi ini sangat melimpah serta ramah lingkungan. Untuk memanfaatkannya memerlukan teknologi guna eksploitasi yang dapat menjangkau sampai sekitar lempeng tektonik. Sumber energi panas bumi dimanfaatkan berbagai negara sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP). Di Indonesia terdapat banyak PLTP salah satunya PLTP Sibayak di Sumatera Utara.

Air

Energi air termasuk juga dalam sumber energi terbarukan sebagai alternatif energi fosil. Air berperan penting dalam kehidupan manusia. Dapat dikatakan tanpa adanya air, manusia tak bisa hidup. Di berbagai negara dunia termasuk Indonesia memanfaatkan energi air sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Salah satu PLTA di Indonesia yakni PLTA Gajah Mungkur di Jateng.

Biomassa

Sumber energi terbarukan dan ramah lingkungan berikutnya adalah biomassa. Biomassa merupakan salah satu jenis energi terbarukan yang berasal dari organisme yang hidup atau juga belum lama mati. Sumber dari energi biomassa seperti alkohol, kayu bakar, dan juga limbah yang telah diolah. Pembangkit listrik energi biomassa salah satunya PLTBM Palubala di Gorontalo yang menggunakan tongkol jagung.

Matahari

Untuk sumber energi yang satu ini tentu sangat jelas tidak terbatas jumlahnya. Sinar matahari sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia seperti untuk menjemur pakaian, untuk fotosintesis tumbuhan, serta sebagai sumber energi. Sumber energi dari matahari digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Panel Surya yang menggunakan sinar matahari sebagai sumber energi dengan media panel surya.

Angin

Sama seperti sumber energi di atas, sumber energi angin. Energi angin berguna untuk kehidupan manusia dengan jumlah ketersediaan yang tidak terbatas. Angin dimanfaatkan dalam teknologi kincir angin yang berfungsi sebagai pembangkit listrik. Energi angin akan mendorong turbin dari kincir angin, sehingga dapat menghasilkan energi berupa aenergi listrik.

Nah itulah tadi beberapa sumber energi terbarukan dan ramah lingkungan yang perlu dimanfaatkan secara maksimal untuk mengurangi gas karbon yang menjadi penyebab pemanasan global. Energi terbarukan lainnya seperti Biofuel yang berasal dari tanaman yang mengandung gula tinggi serta mengandung minyak nabati tinggi.

terms: bagaimana pemanfaatan sumber energi terbarukan dan ramah lingkungan di Indonesia, jelaskan tentang sumber energi terbarukan dan ramah lingkungan, sumber energi ramah lingkungan dan terbarukan, mengapa diperlukan sumber energi terbarukan dan ramah lingkungan, sumber daya energi ramah lingkungan